Rumah Susun Murah BP Batam untuk Tekan Komponen Upah

Rumah Susun Murah BP Batam untuk Tekan Komponen Upah

Rumah susun yang dikelola BP Batam di kawasan Sekupang. (Foto: ist)

Batam – Badan Pengusahaan (BP) Batam mengelola hunian bagi perantau dalam bentuk Rumah Susun (Rusun) di Sekupang, Tanjunguncang, Mukakuning, Kabil, dan Batuampar. 

Hadirnya rumah susun BP Batam menjadi pilihan  tempat tinggal sementara bagi para buruh atau pekerja. 

Penyewaan kamar di Rusun BP Batam dibagi menjadi dua yakni umum dan korporasi. Korporasi yaitu kamar yang disewa langsung oleh perusahaan dalam waktu tertentu untuk pekerja kontraknya.

Sedangkan kategori umum adalah kamar yang disewa oleh perseorangan. Sehingga masyarakat umum terutama masyarakat berpenghasilan rendah bisa menyewa hunian murah dan luas di Rusun BP Batam. 

“Rusun kami tidak hanya disewa pekerja tapi juga diperuntukkan untuk masyarakat umum. Seperti contohnya rusun Mukakuning. Saat ini pekerja masih 80 persen tapi 20 persen bukan pekerja,” kata Manager Komersial Unit Usaha Hunian, Gedung Agribisnis, dan Taman BP Batam, Herawan.

Rusun BP Batam juga sangat cocok untuk masyarakat yang berkeluarga. Tidak hanya satu petak kamar, setiap unit di Rusun BP Batam terdiri dari kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. 

Fasilitas lainnya yang akan didapatkan penyewa adalah, tempat tidur termasuk bantal dan kasur, lemari pakaian, jemuran dan gorden. Penyewa juga bisa memilih fasilitas lainnya yaitu AC atau kipas Angin. 

Tarif sewa rusun dibagi menjadi dua umum dan korporasi. Untuk layanan umum juga masih dibagi tiga yaitu komersil, dasar, dan sosial. Masing-masing kamar di rusun juga memiliki tipe yang berbeda dengan tarif yang berbeda pula, mulai dari Rp 350 ribu. 

Rusun BP Batam juga terjaga keamanannya karena ada pengamanan 24 jam. Untuk fasilitas umum, setiap Rusun BP Batam dilengkapi dengan rumah ibadah, sarana olahraga, tempat cuci tangan, dan tentunya area komersil. 

“Hadirnya rumah susun ini, dimana basic dari pembangunan rusun sendiri menunjang kegiatan terutama buruh di Batam, selain itu juga menyediakan hunian murah,” ucap Herawan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews