Sederet Vaksin Corona yang Diuji di Indonesia

Ilustrasi

Jakarta - Berbagai negara tengah mengembangkan vaksin untuk virus Corona (Covid-19), termasuk Indonesia. Menurut Penanganan Covid-19, saat ini sudah ada beberapa calon vaksin Corona yang sedang dikembangkan di Indonesia. Salah satunya adalah vaksin merah putih.

"Kami perlu sampaikan bahwa secara nasional ada beberapa inisiatif yang dikembangkan, yaitu yang pertama adalah konsorsium oleh lembaga Eijkman yang disebut dengan vaksin Merah Putih. Ini kerjasama dengan Eijkman dan Biofarma dan berharap dengan pengembangan ini, maka Indonesia akan mempunyai vaksin sendiri," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam siaran pers YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/8/2020).

Wiku juga menjelaskan, selain vaksin Sinovac yang saat ini sedang dilakukan uji klinis tahap III di Bandung, ada beberapa perusahaan lain yang mengembangkan vaksin Corona di Indonesia.

"Ada Kalbe Farma dan Genexine, ini perusahaan bioteknologi yang asalnya dari Korea Selatan, dan Genexine ini mengembangkan vaksin GX19 yang akan melakukan uji klinis fase II di akhir tahun ini," jelas Wiku.

"Sedangkan Kimia Farma saat ini telah melakukan penjajakan dengan grup G42, perusahaan teknologi dari UEA dan Sinopharm, untuk melakukan pengadaan vaksin untuk kandidat vaksin yang telah melalui uji klinis I dan II," tambahnya.

Wiku pun berharap dengan berbagai kerjasama yang dilakukan dalam pengembangan vaksin Corona, nantinya masyarakat Indonesia bisa hidup lebih sehat dan aman dari Covid-19.

(ruz)