Pasien Positif Covid-19 di Bintan Bertambah, Kakak Tertular Corona dari Adik

Ilustrasi.

Bintan - Warga Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, CT ditetapkan sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Pria berusia 29 tahun itu menjadi pasien kasus ke-29 di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau pada Minggu (16/8/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Dinkes Bintan dr Gama AF Isnaeni mengatakan CT terkonfirmasi positif covid-19 dikarenakan terpapar dari pasien perempuan yang merupakan kasus ke 25 yaitu ZI. Sedangkan ZI diduga kuat terpapar dari Jakarta.

"CT ini abang sedangkan ZI itu adik. Jadi abangnya terkonfirmasi positif covid-19 karena terpapar dari adiknya sendiri," ujar Gama yang juga Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan, Selasa (18/7/2020).

Gama menjelaskan dari hasil penyelidikan epidemilogi bahwa ZI (25) ini datang dari Jakarta ke Bintan pada 4 Agustus lalu untuk melayat ibunya Fb (suspek Covid-19) yang meninggal dunia di RSUD Engku Haji Daud (EHD) Tanjunguban. 

Beberapa hari kemudian Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam mengeluarkan hasil swab almarhumah ibunya yang dinyatakan negatif. Namun berselang waktu ZI mengalami sakit dengan gejala sesak napas lalu memeriksakan diri ke puskesmas.

"Pihak puskesmas juga mengambil swab tenggorokannya ZI untuk dicek melalui Polymerase Chain Reaction (PCR). Jumat (14/8/2020) hasilnya keluar dan ZI dinyatakan positif Covid-19 dan diisolasi," jelasnya.

Setelah ZI dibawa ke RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri Batu 8 Kota Tanjungpinang untuk diisolasi. Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan langsung melakukan penyelidikan dan tracing terhadap orang yang berkontak erat dengan pasien kasus ke 25 di Bintan.

Dari hasil tracing ada 4 orang kontak erat dengan ZI. Mereka tak lain adalah pihak keluarganya yaitu ayah, abang kandung beserta calon istri Abang kandung serta anak abangnya atau keponakan. Lalu kesemuanya diambil swab tenggorokannya di Puskesmas Teluk Sebong, Sabtu (15/8/2020). 

"4 orang itu melakukan karantina mandiri. Lalu, Minggu (16/8/2020) hasil swab mereka semua keluar. BTKLPP Batam menyatakan abang kandung ZI yaitu CT positif covid-19 sedangkan ayahnya, calon istri CT dan anak abangnya dinyatakan negatif," katanya.

CT yang telah ditetapkan sebagai pasien terkonfirmasi positif covid-19 kasus ke 29 menyusul adiknya ZI diisolasi di RSUP RAT Kepri Batu 8 Kota Tanjungpinang.
 

(ary)