8 Benda Tak Terduga yang Jadi Sarang Bakteri dan Harus Rutin Dibersihkan

8 Benda Tak Terduga yang Jadi Sarang Bakteri dan Harus Rutin Dibersihkan

Ilustrasi pasta gigi. (dok. Bruno/Germany/Pixabay)

BEBERAPA orang memilih untuk membersihkan rumah mereka setiap minggu, yang lain setiap 15 hari, sementara yang lain membersihkannya tergantung pada situasi.

Tetapi terlepas dari jadwal pembersihan yang Anda miliki, beberapa benda dan tempat harus dibersihkan secara rutin, bahkan ada yang wajib dilakukan setiap hari.

Beberapa benda memiliki akses terus-menerus ke bakteri yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Untuk membantu Anda mengetahui dengan tepat apa saja benda yang perlu dibersihkan, Bright Side membuat daftar hal-hal yang paling perlu Anda perhatikan seperti berikut:

 
1. Pancuran Air

Aliran air pada shower tidak dapat membersihkan bagiannya sendiri. Bakteri dapat tumbuh di dalamnya dan jika Anda menelan air itu saat mandi, ini bisa menjadi salah satu penyebab utama infeksi paru-paru.

 

2. Cincin

Jika Anda mengenakan cincin setiap hari atau jika Anda memiliki cincin kawin dan tidak pernah melepasnya, ada baiknya Anda mulai melakukan pembersihan secara rutin, meski tidak setiap hari.

Penelitian telah menemukan bahwa tangan orang yang memakai cincin memiliki lebih banyak bakteri daripada yang tidak.


3. Setir Mobil

Interior mobil adalah sumber besar bakteri berbahaya dan meskipun Anda tidak perlu membersihkan mobil setiap hari, lebih baik setidaknya membersihkan setir Anda sebelum menyentuhnya.

 

 
4. Gagang pintu

Jika ada benda yang kita sentuh setiap hari dengan tangan kotor kita dari jalan, itu adalah pegangan pintu. Bagian ini dapat membawa ratusan mikroorganisme yang bisa mempengaruhi kesehatan kita.


5. Keyboard

Sangat umum bagi kita untuk menggunakan komputer setiap hari dan keyboard adalah bagian yang begitu sering disentuh. Akibatnya, ini adalah sumber dari beberapa jenis bakteri. Kabar baiknya, pembersihan sederhana dengan tisu basah antibakteri dapat mengurangi kotoran secara signifikan.


6. Sakelar Lampu

Sakelar lampu sering kali luput dari perhatian saat sedang membersihkan rumah, padahal itu juga menjadi tempat kuman dan bakteri suka bersembunyi. Untuk membuktikan hal ini, penelitian menemukan bahwa bagian tersebut adalah salah satu tempat paling kotor di kamar hotel.


7. Wastafel Kamar Mandi

Anda mencuci tangan dan menyikat gigi setiap hari, lebih dari sekali, jadi tidak mengherankan jika wastafel kamar mandi selalu kotor. Bagian ini bisa menjadi rumah bagi lebih dari 50.000 bakteri. Membersihkan koloni kuman setiap hari dengan larutan antibakteri dapat membunuh bakteri dalam sekejap.


8. Sikat gigi

Partikel makanan dan plak tersangkut di sikat gigi kita setiap hari. Selain itu, kebanyakan dari kita membiarkan barang ini terbuka di kamar mandi, membiarkan bulu sikatnya menjadi sumber berbagai jenis bakteri. Itulah mengapa lebih baik membersihkan sikat gigi kita setiap hari dan merendamnya dalam obat kumur antibakteri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews