Kelurahan Sei Lekop Bintan Gelar Lomba Kampung Bersih di HUT ke-75 RI

Kelurahan Sei Lekop Bintan Gelar Lomba Kampung Bersih di HUT ke-75 RI

Foto: Ary/Batamnews

Bintan - Menyambut HUT Ke 75 Kemerdekaan RI, Kelurahan Seilekop, Kecamatan Bintan Timur (Bintim) melaksanakan lomba kampung bersih, sehat dan semarak Tingkat Kelurahan Seilekop 2020, Senin (17/8/2020).

Lurah Seilekop, Riswan Efendi Nasution mengatakan, mengacu pada Surat Edaran (SE) Bupati Bintan bahwa dalam peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI ini, tidak dilaksanakan kegiatan permainan rakyat seperti tahun sebelumnya yang sifatnya mengumpulkan orang banyak.

"Maka tindaklanjut dari surat edaran itu kita laksanakan kegiatan penilaian kampung bersih. Karena sifatnya tidak mengumpulkan orang banyak disuatu tempat namun tetap berjalan semarak," ujar Riswan.

Lomba ini diikuti 30 RT dari 6 RW di kelurahan ini. Nantinya seluruh kampung di masing-masing RT akan dinilai oleh 25 juri yang berasal dari mahasiswa UMRAH dan pengurus Karang Taruna Kelurahan Seilekop.

Dari 30 RT itu akan diseleksi atau disaring hingga menghasilkan 12 RT yang berhak masuk dalam babak penyisihan. Kemudian diseleksi dan dinilai kembali secara ketat menjadi 6 pemenang. Yaitu Juara 1,2, dan 3 serta harapan 1,2 dan 3.

"Kita bekerjasama dengan mahasiswa UMRAH yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) disini. Mereka ada 19 orang dan 6 orang lagi dari anggota Karang Taruna Seilekop. Dari 25 orang ini kita bagi menjadi 6 kelompok sesuai jumlah RW yang ada dan merekalah yang menilai kampung bersih, sehat dan semarak ini," jelasnya.

Untuk hadiah bagi pemenangnya, kata Riswan, sengaja tidak ia sediakan dalam bentuk uang pembinaan karena sifatnya habis dipakai. Namun ia gantikan dengan hadiah berupa peralatan yang sangat bermanfaat untuk mendukung kebersihan dan keamanan di kampung.

Kemudian ada hadiah doorprize yang diberikan oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi yaitu satu unit mesin potong rumput. Lalu hadiah lainnya dari kelurahan antara lain
Gerobak sampah, senter, jas hujan dan lainnya.

"Hasil penilaian ini tidak ada kami interpensi melainkan murni seutuhnya dari penilaian mahasiswa UMRAH. Pastinya sesuai kondisi dan fakta di lapangan," katanya.

Kapolsek Bintan Timur AKP Ulil Rahim mengatakan, pihak kepolisian sangat mendukung adanya perlombaan ini. Karena sifatnya tidak mengumpulkan orang banyak tetapi tetap berjalan meriah.

"Dalam rangka memperingati HUT Ke 75 Kemerdekaan RI ditengah Pandemi Covid-19 ini Kelurahan Seilekop bersama bhabinkamtibmas berhasil menyemarakkkannya," sebutnya.

Memang perayaan di hari kemenangan ini dilaksanakan dengan sedikit berbeda dari biasanya. Namun dia percaya bahwa banyak inovasi yang bisa diciptakan untuk tetap tampil semarak dengan tetap mempedomani protokol kesehatan.

Diharapkan dimasa adaptasi kehidupan baru saat ini tidak menghilangkan rasa nasionalisme yang ada. Melainkan semakin kuat dan cinta NKRI.

"Seperti yang dilaksanakan oleh Lurah Seilekop ini. Inovasi kegiatannya sangat tepat karena bisa memacu masyarakat untuk hidup bersih dan sehat," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bintan, Apri Sujadi mengapresiasi Kelurahan Seilekop dengan kegiatan yang dilaksanakan tidak mengumpulkan masyarakat namun dapat menciptakan inovasi kegiatan yang berbasis kemasyarakatan.

“Kegiatan ini juga termasuk salah satu cara menumbuh kembangkan kepedulian terhadap lingkungan, kebersihan dan rasa nasionalisme," ucapnya.

Diharapkan kegiatan ini menjadi pilot project bagi kelurahan dan desa-desa lainnya. Sehingga untuk kedepannya bisa dilaksanakan secara serentak di daerah lain," sebut dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews