Satpol PP Bubarkan Lomba 17 Agustus di Kampung Melayu

Satpol PP Bubarkan Lomba 17 Agustus di Kampung Melayu

Lomba 17 Agustus Dibubarkan Satpol PP Jakarta.

Jakarta - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja membubarkan secara paksa peserta dan penonton lomba 17 Agustus di dua lokasi Jakarta Timur, Senin siang. Upaya pembubaran kerumunan peserta dan penonton lomba melibatkan sepuluh personel.

"Yang dibubarkan kegiatan Tujuh Belasan di Kampung Melayu, Jatinegara dan di Pintu Air, Malaka Sari," kata Kasi Operasional Satpol PP Jakarta Timur Badrudin, Senin (17/8/2020).

Upaya pembubaran massa dilakukan secara persuasif melalui sosialisasi bahaya Covid-19 serta edaran dari pemerintah setempat. Badrudin mengungkapkan, pihaknya menindaklanjuti situasi keramaian warga yang sempat viral di media sosial.

"Ada kabar viral terkait warga yang menyemarakkan hari kemerdekaan dengan lomba gigit koin," jelasnya seperti dilansir dari Antara.

Sesuai seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2020 tentang pelaksanaan perlombaan tidak diperbolehkan selama masa pandemi Covid-19. Pembubaran massa dilakukan sekitar pukul 12.30 WIB di Jalan Inspeksi Kampung Pulo RT14/03, Kampung Melayu.

"Kegiatan telah dibubarkan dan sudah berkoordinasi dengan Ketua RT setempat serta memberikan edukasi kepada masyarakat untuk sementara waktu selalu memakai masker, menjaga jarak," terangnya.

Sementara itu, Lurah Kampung Melayu, Setiawan mengatakan, dirinya belum mendapatkan informasi terkait adanya kegiatan perlombaan gigit koin tersebut seperti yang ada dalam video.

"Tadi saya di kelurahan enggak ada informasi pengurus RW, RT yang mengadakan lomba-lomba," katanya.

Meski begitu, dia mengaku akan mencaritahu informasi soal video perlombaan tersebut. Terlebih, saat pandemi sekarang ini masyarakat dilarang untuk mengadakan kegiatan perlombaan.

"Akan saya coba cari infonya," ujarnya.

Sedangkan salah satu peserta lomba, Karyadi (47) mengatakan, lomba di Kampung Melayu merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan setiap perayaan 17 Agustus.

"Ada beberapa lomba di antaranya mengambil koin, balap karung sama lomba joget," katanya.

Kegiatan itu adalah aspirasi warga sekitar yang digelar oleh pengurus RT dan Karang Taruna sebagai panitia. Upaya pembubaran lomba berlangsung tertib dengan diawasi petugas Satpol PP.

Seluruh perlengkapan lomba dibongkar serta tenda dan kursi dirapikan oleh petugas dan warga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews