Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Batam `Cuma` Berlangsung 45 Menit

Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Batam `Cuma` Berlangsung 45 Menit

Wali Kota Batam, HM Rudi menyerahkan bendera Merah Putih untuk dikibarkan dalam upacara HUT Kemerdekaan ke-75 RI di Batam. (Foto: Istimewa)

Batam - Upacara pengibaran bendera merah putih memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Batam berlangsung khidmat. Upacara digelar di Dataran Engku Putri Batam Centre, Senin (17/8/2020). 

Upacara ini berlangsung selama 45 menit, dimulai dengan laporan Komandan Upacara, pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Batam.

Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur Upacara, pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, serta ditutup dengan pengibaran bendera merah putih oleh tim Paskibraka Kota Batam. 

Pelaksanaan upacara tahun ini terbilang singkat, karena kegiatan di luar kegiatan utama ditiadakan. Seperti persembahan lagu nasional dan lagu daerah oleh tim paduan suara.

Selain itu, pelaksanaan upacara dilaksanaan dengan jumlah peserta yang dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Para petugas upacara juga telah dilakukan pemeriksaan terkait Covid-19, dan hasilnya seluruhnya negatif. 

“Tahun ini upacaranya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan ini kita ambil tengah-tengah saja. Tidak terlalu banyak, tidak terlalu sedikit, tapi menengah,” ujar Wali Kota Batam Rudi yang menjadi inspektur upacara.

Ia juga menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara tahun ini dilaksanakan pukul 07.30 WIB, padahal biasanya dilaksanakan pada saat detik-detik proklamasi, pada pukul 10.10 WIB. Hal ini dilakukan sesuai dengan instruksi dari pusat. 

“Esensi dari peringatan ini saya ingin anak-anak kita tidak lupa bahwa ada kemerdekaan tanggal 17 Agustus. Supaya anak-anak kita bangkit kembali setelah Covid ini,” katanya.

Rudi menambahkan saat ini mengisi kemerdekaan yaitu dengan semangat kebersamaan untuk membangun Kota Batam, meskipun di masa pandemi saat ini, Ia berharap semangat itu selalu ada. 

“Apa yang kita bangun? Tentunya sesuai kebutuhan Kota Batam. Mudah-mudahan perubahan demi perubahan akan kita kejar,” kata dia.

Usai upacara di Dataran Engku Putri, Wali Kota Batam bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti upacara detik-detik proklamasi di Istana Negara secara virtual. Bersama veteran, upacara melalui siaran daring ini dilaksanakan di Aula Engku Hamidah, Lantai IV Kantor Wali Kota Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews