Fakta-Fakta Jembatan Dua Barelang

Fakta-Fakta Jembatan Dua Barelang

Jembatan satu yang dapat dilihat dari jembatan dua Barelang (Foto:Dyah/Batamnews)

Batam - Jembatan 2 merupakan salah satu dalam sekumpulan 6 Jembatan yang menghubungkan Batam, Rempang hingga Galang (Barelang).

Jembatan ini diberi nama Jembatan Nara Singa, yang menghubungkan Pulau Tonton dan Pulau Nipah.

Jembatan ini memiliki panjang 420,00 m, dan lebar 18,00 m. Tipe jembatan ini adalah Concrete Box Girder, dengan bahan penyangga dan bahan permukaan beton bertulang.

Selesai dibangun pada 1999, jembatan ini masih aktif sampai saat ini untuk lalu lintas warga sekutar, serta wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau-pulau yang dihubungkan jembatan tersebut.

Jembatan ini sering dikunjungi masyarakat lokal karena pemandangan nya. Dari jembatan ke 2 masyarakat dapat melihat jembatan 1. Selain itu banyak juga masyarakat yang datang untuk memancing.

Jembatan Batam Rempang Galang atau disingkat Barelang, merupakan ikon kota Batam yang menghubungkan 7 pulau dalam Kota Batam. Batam, Tonton, Nipah, Setokok, Rempang, Galang, dan Galang Baru.

Jembatan ini merupakan pilot priject berteknologi tinggi karya Bacharuddin Jusuf Habibie, ketika memimpin Otorita Batam selama 20 tahun, yang saat ini berganti nama Badan Pengusahaan (BP) Batam, yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia.

Jembatan ini dibangun guna memperluas wilayah kerja Otorita Batam, dan telah menyedot anggaran sebesar Rp400 Miliar

Jembatan Barelang tidak hanya menjadi warisan infrastruktur bagi kota Batam, tetapi juga menjadi warisan ilmu. Karena dibangun dengan menggunakan 6 teknologi yang berbeda.

(ADV)