Antisipasi Corona, Petugas Upacara HUT RI di Batam Jalani Rapid Test

Antisipasi Corona, Petugas Upacara HUT RI di Batam Jalani Rapid Test

Petugas pelaksana upacara HUT ke-75 kemerdekaan RI menjalani rapid test di Engku Putri, Batam.

Batam - Pemerintah Kota Batam tetap menghelat upacara bendera memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Seremoni ini digelar dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Sejumlah petugas dan peserta upacara menjalani rapid test Corona di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Kamis (13/8/2020). 

"Rapid test ini sebagai antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Batam, Said Khaidar.

Sedikitnya ada 68 orang yang mengikuti rapid test. Mereka terdiri dari pelatih, pembina marching band, pemain dan juga peserta lainnya.

Sementara itu, untuk Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), direncanakan untuk menjalani pengambilan sampel untuk swab pada Jumat (14/8/2020) esok.

"Totalnya 97 orang, rinciannya Paskibra 75 orang dan dari Yonif Raider 12 orang," katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin, sebelumnya menyebutkan pentingnya peran medis. Baik perihal preventif sebelum kegiatan maupun kemungkinan yang akan terjadi pada saat acara, seperti pada saat upacara bendera.

"Pakaian hazmat juga disiapkan di ambulans. Ini sebagai upaya kita semua terkait hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Menurut dia, tidak hanya pada saat upacara tahapan persiapan upacara juga mesti diperhatikan, seperti pelaksanaan gladi acara.

Tidak hanya itu saja, perhatian serupa juga diharapkan dapat diterapkan pada kegiatan-kegiatan lain yang termasuk dalam rangkaian peringatan HUT, seperti Pawai Obor maupun Renungan Suci.

"Pada prinsipnya seluruh kegiatan kita laksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan dengan tidak mengurangi khidmatnya pelaksanaan kegiatan," ucapnya.

Untuk pawai obor akan digelar Minggu (16/08/2020) sekitar pukul 19.30 WIB. Pembawa obor melibatkan perwakilan dari tiga matra TNI dan juga dari Polri.

Rute pawai melewati Jalan Raja Haji Fisabilillah, yang dimulai dari Dataran Engku Hamidah dan berakhir di Bundaran Madani, Batamkota. 

Sedangkan kegiatan renungan suci akan digelar di Taman makam Pahlawan Pusara Bhakti Bulan Gebang Kota Batam, Batuaji pada Minggu (16/8/2020). Kegiatan akan dimulai dari pukul 23.30 WIB hingga selesai.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews