Cak Nur Tunggu Rekomendasi DPP PDIP untuk Dukungan Lukita-Basyid

Ketua DPC PDIP Batam, Nuryanto. (Foto: Edo/Batamnews)

Batam - Ketua DPC PDIP Kota Batam, Nuryanto mengatakan rekomendasi dukungan untuk paslon yang akan didukung pada Pilkada Batam 2020 keluar pekan depan. PDIP hampir dipastikan mendukung pasangan Lukita Dinarsyah Tuwo-Abdul Basyid Has.

"Kalau nggak senin, minggu depan, saya ke Jakarta untuk mengambil rekomendasi," ujar Cak Nur, Jumat (7/8/2020).

Sejumlah partai yang menyatakan koalisi mendukung Lukita-Bayid yakni PKB dan Gerindra.

Cak Nur, optimis untuk memenangkan pasangan Lukita dan Basyid dalam Pilwako yang akan dilakukan 9 Desember 2020 mendatang, meskipun surat rekomendasi belum turun.

"Biar Tuhan yang menentukan. Ikhtiar akan kami lakukan, kalau sudah begitu tentu kami yakin menang dalam Pilwako tahun ini," sebut Cak Nur.

Sebelumnya, Sekretaris DPD Gerindra Kepri, Onward Siahaan mengatakan, untuk Pilkada Kota Batam, koalisinya ditetapkan sepaket dengan Pilkada Provinsi Kepri.

"Kami Partai Gerindra arahnya tetap bersama-sama dengan PDIP dan PKB untuk Pilkada Batam. Kami tegaskan Gerindra mendukung penuh pasangan Lukita-Abdul Basyid maju," ujarnya, (16/7/2020).

Onward mengatakan, arah politik Gerindra belum mengalami perubahan, selaras dengan DPD provinsi, tidak ada mengajukan nama calon alternatif lainnya.

Gerindra diakuinya sempat berniat untuk memajukan kader internal di Pilkada Kota Batam. Namun rencana tersebut berubah setelah Gerindra menyatakan koalisi dengan PDIP di Pilkada Provinsi Kepri.

“Jadi otomatis Gerindra tidak lagi mengajukan nama calon internal di Pilkada Batam,” katanya.

Ia menjelaskan hubungan politik dengan PKB juga telah terjalin, jika Gerindra maju di Pilkada Kepri didukung oleh PKB. Ketika PKB maju di Pilkada Batam, Gerindra otomatis akan mendukung.

“Hasil pleno kami beberapa waktu lalu, nama yang diajukan ke DPP untuk Batam adalah Lukita-Abdul Basyid. Sedangkan untuk provinsi yang diajukan adalah pasangan Soerya Respationo-Iman Sutiawan,” ucapnya.

(aha)