Hasil Panen Padi Sawah Bukit Langkap di Lingga Meningkat

Hasil Panen Padi Sawah Bukit Langkap di Lingga Meningkat

Petani Desa Bukit Langkap saat melakukan panen (Foto:ist)

Lingga - Sejumlah kelompok petani di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, melakukan panen padi perdana untuk tahun 2020, Senin (3/8/2020).

Salah seorang petani Bukit Langkap, Marwanto mengatakan, total benih yang ditebar kali ini seluas 12 hektare (ha). Namun, untuk proses pemanenannya dilakukan secara bertahap.

"Dari tahun sebelumnya, hasil panen untuk tahun ini mengalami peningkatan. Akan ada 12 ha sawah yang akan dipanen," kata dia, kemarin.

Lanjutnya, padi yang dipanen terdiri dari 5 varietas unggul. Yaitu Inpago 9, Inpago 12, Inpara 6, Inpara 8, serta Bio Patenggang. Masa panen padi-padi tersebut dimulai awal Agustus ini dan akan berlangsung hingga September mendatang.

"Untuk panen hari ini (Senin) cuma 1 ha, dan alhamdulillah ada peningkatan hasil dari tahun sebelumnya. Untuk hari ini saja hasil panen ubinan untuk produktifitas varietas Inpago 9 mencapai 4.9 ton/ha, sementara untuk varietas Inpago 12 berkisar 3.68 ton/ha," ujarnya

Sementara itu, Kepala Desa Bukit Langkap, Sudarmin mengaku senang dengan hasil panen kali ini. Ia pun berharap persawahan di Desa Bukit Langkap terus mengalami peningkatan hasil panen.

"Alhamdulillah ada peningkatan tahun ini, kalau tahun lalu petani masih memikirkan masalah hama dan penyakit, maka untuk kedepannya petani lebih memikirkan peningkatan produktivitas hasil panen," tutur Sudarmin.

Sudarmin juga berharap hasil panen kali ini bisa berkontribusi terhadap pemenuhan cadangan pangan masyarakat Lingga. Untuk pemasaran, pemerintah desa sudah berkoordinasi kepada pengurus BUMDes sehingga ada peningkatan ekonomi untuk masyarakat.

(ruz)