Data Centre BP Batam Miliki Layanan Disaster Recovery Center

Data Centre BP Batam Miliki Layanan Disaster Recovery Center

Diskusi di Data Centre BP Batam.

Batam - BP Batam memiliki layanan Batam Information Technology (BIT), yang menawarkan dua layanan, yakni Data Centre dan Training Centre.

BIT merupakan bentuk pengusahaan layanan IT yang disediakan oleh BP Batam bagi masyarakat dan instansi pemerintah maupun swasta.

Untuk Data Centre BP Batam sudah menjadi bagian dari Data Centre Nasional yang telah mendapat rekomendasi dari Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Untuk layanan Data Centre terbagi atas 4 layanan utama, yaitu: Collocation penyewaan rack server pada perusahaan untuk menempatkan server dan peralatan mereka di ruang data center dengan aman.

Virtual Private Server, menyediakan fisik server yang dapat dibagi pakai secara virtual untuk keperluan tenan dengan sumber daya komputasi meliputi server, jaringan, storage dan ruang data center.

Managed Services tenant yang melakukan jasa managed service akan mendapatkan layanan IT Support dari tenaga ahli professional yang telah memiliki sertifikasi internasional. 

Tidak hanya itu, juga tersedia Manajemen IT Operasional, Dukungan Layanan Backup/Restore , Monitoring Perangkat Keras dan Lunak, Reporting layanan setiap bulannya.

Dan IT Solution, layanan konsultasi bagi perusahaan / instansi yang membutuhkan penerapan TIK dalam bisnis prosesnya.

General Manager Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Sylvia J Malaihollo menjelaskan, selain layanan tersebut, BP Batam juga menyediakan fasilitas Disaster Recovery Center (DRC). 

Fasilitas DRC ini bisa digunakan oleh instansi pemrintahan, maupun swasta untuk pusat penyimpanan data cadangan. 

“Disaster Recovery Center BP batam memiliki layanan mirroring, Back up server, dan managed service sehingga mampu untuk melayani kebutuhan industri maupun perusahaan untuk sekaligus menopang kebutuhan infrastruktur teknologi bagi investasi,” kata Sylvia. 

(ADV)