Daftar Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

Daftar Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

Hong Kong merupakan kota di dunia dengan biaya hidup tertinggi (Foto:ist/net)

Jakarta - Mercer's 2020 Cost of Living Survey merilis daftar kota dengan biaya hidup paling mahal di dunia 2020. Asia mendominasi 10 besar kota termahal di dunia.

Survei dilakukan terhadap 209 negara pada Maret 2020. Beberapa parameter yang ada di dalam survei itu adalah fluktuasi nilai tukar mata uang, inflasi untuk makanan dan jasa, biaya akomodasi. Aspek itu didasarkan kepada kebutuhan dasar para ekspatriat dan penugasan internasional.

Setidaknya ada 200 poin yang dibandingkan dalam survei itu. Di antaranya, harga rumah, biaya transportasi, makanan, sandang, kebutuhan rumah tangga, dan hiburan.

Hasilnya, kota-kota di Asia mendominasi sepuluh besar daftar kota dengan biaya hidup paling mahal sedunia itu. Dari sepuluh kota dalam daftar kota termahal itu, enam di antaranya ditempati negara-negara Asia.

Hong Kong masih tercatat sebagai kota termahal. Hong Kong berada di posisi itu selama tiga tahun beruntun.

Di posisi kedua, ada di Ashgabat, Turkmenistan sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal. Ashgabat melewati Tokyo yang kini ada di urutan kedua.

Urutan keempat dan kelima negara dengan biaya hidup termahal ditempati secara beruntun Zurich dan Singapura. Peringkat Singapura sebagai kota termahal turun dua trap dibandingkan tahun lalu.

Swiss mewakilkan dua kota yang masuk daftar itu. Selain Zurich, Bern juga termasuk jajaran kota dengan biaya hidup termahal sejagat.

China juga bukan lagi menjadi tempat tinggal yang pas buat kantong cekak. Shanghai dan Beijing masuk daftar negara dalam daftar biaya hidup termahal di dunia.

Survei itu juga menunjukkan adanya penurunan peringkat di kota-kota China yang bisa jadi diakibatkan oleh depresiasi mata uang terhadap dolar AS. Penurunan yang paling menonjol ada di kota Shenyang, turun 18 trap dari tahun lalu, peringkat di peringkat ke-63.

Apresiasi mata uang dan kenaikan harga barang dan jasa membuat kota-kota Asia Tenggara, seperti Manila dan Jakarta, naik peringkat pada tahun ini. Manila (80) naik 29 tempat dari tahun lalu, sedangkan Jakarta (86) naik 19 tempat. Mumbai (60) adalah kota termahal di India sedangkan Kolkata (185) adalah kota termahal di India.

Berikut 10 besar kota dengan biaya hidup termahal:

1. Hong Kong
2. Ashgabat, Turkmenistan
3. Tokyo, Jepang
4. Zurich, Swiss
5. Singapura
6, New York, AS
7. Shanghai, China
8. Bern, Swiss
9. Jenewa, Swiss
10. Beijing, China


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews