Dispar Lingga Benahi Sarana Pariwisata di Bunda Tanah Melayu

Dispar Lingga Benahi Sarana Pariwisata di Bunda Tanah Melayu

Taman Tanjung Buton (Foto:Linggakab)

Lingga - Dalam rangka mendukung visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau, Dinas Pariwisata (Dispar) setempat, terus melakukan pembenahan sektor pariwisata dengan melakukan peningkatan serta penataan sarana pariwisata yang ada di Negeri Bunda Tanah Melayu.

Kepala Dispar Lingga, Raja Fahrurrazi melalui Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata, Zalmidri mengatakan, salah satu pusat wisata yang dilakukan pembenahan yakni, Pusat Kuliner Tanjung Buton, Desa Mepar. Penataan dan pembenahan di kawasan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Kawasan Tanjung Buton ini merupakan sentral peningkatan ekonomi masyarakat Daik dan sekitarnya," kata Zalmidri kepada Batamnews, Selasa (21/7/2020).

Lanjut dia, selain Pusat Kuliner Tanjung Buton, di tahun 2020 ini pembenahan dan penataan juga dilakukan di beberapa objek wisata potensial yang berada di wilayah Singkep sekitarnya, Lingga Utara, Benan serta wisata Pulau Berhala.

"Untuk pengembangan selanjutnya, adalah wisata pedesaan yang berada di Desa Panggak Darat, yaitu kawasan persawahan yang saat ini di desain sebagai kampung wisata sawah, dengan memadukan pertanian, perikanan budidaya dan pariwisata," ujarnya.

Zalmidri menjelaskan, untuk tahap awal, dalam waktu dekat ini akan dibangun sarana pariwisata disekitar persawahan dengan panorama keindahan Gunung Daik serta melihat kearipan lokal masyarakat.

"Untuk meyakinkan wisatawan berkunjung ke Lingga, kami dari Dinas Pariwisata menerapkan pariwisata sehat dengan tetap menjalankan standar kesehatan diberbagai destinasi dan industri pariwisata," sebutnya.

"Nanti dibagikan lebih kurang 2000 masker serta hand sanitizer yang akan disebarkan di destinasi, industri hotel, rumah makan, restoran, serta pelaku transportasi darat dan laut yang ada di Lingga. Bantuan ini merupakan kepedulian dari tim bersama pencegahan Covid-19 Provinsi Kepri," sambungnya.

Selain itu, Disparpora Lingga kata Zalmidri turut memberikan apresiasi untuk Dinas Perhubungan (Dishub) Lingga, karena telah mengupayakan transportasi yang nyaman dan aman bagi penumpang, khususnya wisatawan yang datang ke Negeri Bunda Tanah Melayu.

"Sudah tentu Disparpora akan semakin giat mempromosikan Lingga ini agar ramai dikunjungi wisatawan," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews