SAR Natuna: Nelayan Wajib Utamakan Keselamatan saat Berlayar

SAR Natuna: Nelayan Wajib Utamakan Keselamatan saat Berlayar

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Natuna, Mexianus Bekabel (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna - Banyaknya tingkat kecelakaan laut pada bulan Juni-Juli ini, membuat Tim SAR Natuna, Kepulauan Riau, melakukan upaya maksimal dalam melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Natuna, Mexianus Bekabel menjelaskan bahwa seharusnya para nelayan sebelum berlayar dapat memperhatikan alat keselamatan, seperti pelampung, life jaket dan yang terpenting alat komunikasi.

Baca: Mati Mesin, Kapal Muatan Sapi 7 Hari Terombang-ambing di Laut Natuna

"Harusnya setiap nelayan yang ingin melaut, wajib melaporkan rute pelayaran atau lokasi tangkapan mereka kepada ketua kelompok nelayan atau himpunan nelayan setempat, sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, untuk proses pencarian dan pertolongan sendiri bisa cepat di lakukan," ujar Mexi kepada Batamnews, kemarin.

Kata dia, lambatnya pertolongan di laut karena kebanyakan para nelayan berlayar tanpa memperhatikan hal-hal tersebut, terutama alat komunikasi.

"Kami pun sudah membentuk sebuah grup bernama Info Perairan Natuna, disitu kita sudah masukan semua stack holder yang ada, disitu setiap hari kita update kondisi cuaca perairan kita," sebut Mexi.

Dengan demikian, Mexianus mengimbau agar para nelayan di Natuna dapat mengutamakan keselamatan terlebih dahulu dalam berlayar. Apalagi saat ini kondisi cuaca dan gelombang tidak menentu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews