Menular Lewat Udara, Kasus Corona Global Capai 12 Juta

Menular Lewat Udara, Kasus Corona Global Capai 12 Juta

Ilustrasi.

London - Kasus Covid-19 secara global melebihi 12 juta pada Kamis (9/7/2020), ketika bukti menunjukkan penyebaran penyakit yang menular melalui udara yang telah menewaskan lebih dari setengah juta orang dalam tujuh bulan.

Reuters melaporkan angka kasus Corona ini tiga kali lipat dari penyakit influenza parah yang dicatat setiap tahun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Sejauh ini ada lebih dari 546.000 kematian terkait dengan virus, dalam kisaran yang sama dengan jumlah kematian influenza tahunan yang dilaporkan di seluruh dunia. 

Kematian pertama dilaporkan pada 10 Januari di Wuhan, Cina sebelum infeksi dan kematian melonjak di Eropa dan kemudian di Amerika Serikat.

AS mencatat total 3 juta kasus pada hari Selasa, dan menyumbang lebih dari seperempat dari kasus global dan kematian global yang menempatkan strategi pandemi Presiden Donald Trump dalam pengawasan.

Penghitungan Reuters, yang didasarkan pada laporan pemerintah, menunjukkan penyakit ini menyebar tercepat di Amerika Latin. Amerika dianggap menyumbang lebih dari setengah infeksi dunia dan hampir setengah kematiannya. Brasil dan Amerika Serikat menyumbang sekitar 45 persen dari semua kasus baru sejak awal Juli.

Di negara-negara dengan kapasitas pengujian terbatas, jumlah kasus hanya mencerminkan sebagian dari total infeksi. Para ahli mengingatkan bahwa data resmi kemungkinan kurang mewakili kasus dan kematian.

(gea)