Bupati Rafiq Yakin Karimun Zona Hijau Corona, Ini Alasannya

Bupati Rafiq Yakin Karimun Zona Hijau Corona, Ini Alasannya

Bupati Karimun Aunur Rafiq. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Semakin berkurangnya kasus positif Covid-19, membuat Bupati Aunur Rafiq yakin Kabupaten Karimun masih berstatus zona hijau.

Menurut Rafiq, satu tambahan kasus Covid-19 yang ada di Karimun, bukanlah merupakan warga asli kabupaten itu melainkan seseorang dalam perjalanan.

"Saya berkeyakinan kita masih hijau. Karena penambahan satu yang positif setelah kita zona hijau, itu adalah orang yang melakukan perjalan dari Surabaya dan tidak menimbulkan transmisi lokal," kata Rafiq, kemarin.

Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun juga telah melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak langsung terhadap pasien 06 tersebut.

"Tracing juga dilakukan, dan hasil pemeriksaan semuanya negatif. Yang positif (pasien 06) juga sudah sembuh," ucap Rafiq.

Kemudian, saat ini terdapat 7 orang sebagai Pasien Dalam Pengawasan. Namun, disebutkan oleh Rafiq karena penyakit bawaan.

"7 PDP juga kita berkeyakinan bukan Covid. Tapi penyakit bawaan, setelah dilihat dari riwayat mereka," ujar Rafiq.

Maka, dengan berkeyakinan Karimun zona hijau. Sesuai dengan surat edaran, tanggal 13 Juli 2020, sekolah-sekolah di Karimun akan buka kembali dan melakukan aktivitas belajar mengajar dengan menerapkan protokol kesehatan.

(aha)