Anak Usia 1 Tahun di Lingga Jadi PDP Covid-19

Anak Usia 1 Tahun di Lingga Jadi PDP Covid-19

Ilustrasi

Lingga - Seorang anak berusia sekitar 1 tahun di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus Corona (Covid-19).

Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Penyakit Menular di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Wirawan Trisna Putra mengatakan, balita yang ditetapkan sebagai PDP 03 ini berasal dari Kecamatan Lingga Utara.

"PDP 03 yang beralamat di Kecamatan Lingga Utara, saat ini sedang dirawat di RSUD Encek Mariyam Daik sambil menunggu hasil swab dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam. Semoga hasilnya negatif," ucap Wirawan kepada Batamnews, Rabu (8/7/2020).

Ia menjelaskan, sebelumnya ada dua PDP di Kabupaten Lingga. Selain PDP 03, juga ada PDP 02 dari Singkep. Untuk PDP 02 tersebut sebelumnya menjalani perawatan di ruang isolasi Kabupaten Lingga.

Petugas kesehatan RSUD Dabo dan RSUD Encik Mariyam kata Wirawan tetap melakukan protokol kesehatan sesuai dengan pedoman penanganan Covid-19. Kemudian secara berkala terus melakukan pemantauan surveilans terhadap PDP 02 dan 03.

"Hasil rapid test kedua PDP ini menunjukkan hasil non reaktif (negatif) Covid-19, namun tetap dilakukan pengambilan swab untuk tes PCR Covid-19. Tapi PDP 02 alamat Kecamatan Singkep meninggal dunia subuh tadi dengan hasil swab negatif," ujarnya.

Lanjut Wirawan, untuk PDP 03 yang berasal dari Kecamatan Lingga Utara, keluarga pasien melakukan isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab keluar.

"PDP 03 ini memiliki riwayat perjalan dari Batam," sebutnya.

Meski demikian, Wirawan mengimbau agar warga tak panik. Kemudian selalu menggunakan masker saat beraktivitas, rutin mencuci tangan dengan sabun, menerapkan physical distancing serta  menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

(ruz)