Dituding Manipulasi Dukungan Pilkada Batam, Begini Penjelasan Rian Ernest

Dituding Manipulasi Dukungan Pilkada Batam, Begini Penjelasan Rian Ernest

Rian Ernest bersama Yusiani Gurusinga. (Foto: istimewa)

Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) mulai melakukan verifikasi faktual terhadap bakal calon perseorangan atau independen. 

Dari kegiatan itu, ada informasi yang beredar bahwa ada warga yang tidak merasa memberikan dukungan terhadap bakal calon independen Rian Ernest-Yusiani Gurusinga. 

Sejumlah warga menyatakan keberatan fotokopi KTP-nya disertakan dalam berkas dukungan yang diajukan oleh tim pasangan Rian-Yusiani ke KPU Batam. Beberapa diantaranya, mengungkapkan kekesalan mereka melalui media sosial.

Rian Ernest pun angkat bicara. Dia mengatakan pihaknya sudah mengetahui dengan adanya informasi tersebut. Untuk itu, pihaknya sedang menelusuri fakta dan melakukan verifikasi faktual.

“Tentu yang bersangkutan juga busa menghubungi tim Batam Baru, jika ada hal yang dirasakan tidak sesuai,” ujar Rian kepada Batamnews, Jumat (3/7/2020). 

Ia menyampaikan bahwa rekan-rekan media dan masyarakat mengetahui rekam jejaknya, dan ia memastikan bahwa komitmen mereka untuk menjalani tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan jujur dan berpegang pada aturan yang berlaku. 

“Kami satu-satunya calon independen di Batam, proses verifikasi ini adalah tahapan yang harus kami hadapi,” ucapnya.

Terkait temuan ini, pihaknya menegaskan bahwa hal itu menjadi tujuan dari verifikasi faktual, dan menurutnya ini menjadi tahapan yang penting bagi pihak penyelenggara pemilihan. 

“Tentunya ini juga penting bagi kami, karena ini menjadi kesempatan bagi kami untuk memperbaiki data pendukung, kepada mereka yang benar-benar mendukung ide perubahan yang terkandung dalam Batam Baru,” jelasnya. 

Rian juga menambahkan bahwa pihaknya bersama para relawan sudah menuntaskan tugas untuk memenuhi syarat dukung. Maka dari itu, pihaknya sadar bahwa tantangan tidak berakhir di tahap ini saja. 

“Masih ada tahapan berikutnya, kami mendukung KPU dan Bawaslu Batam untuk melanjutnya seluruh tahapan ini dengan profesionalisme dan integritas tinggi demi kemajuan Kota Batam,” kata dia. 

Terakhir, Rian menyampaikan bahwa pihaknya akan terus maju membawa ide Batam Baru, dan berkomitmen mengikuti aturan yang berlaku.

“Karena kami percaya langkah kami harus selalu didasari kejujuran dan dukungan warga Batam,” katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews