Kepri Siap Terima Turis, Menko Luhut Komunikasi dengan Singapura

Kepri Siap Terima Turis, Menko Luhut Komunikasi dengan Singapura

Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: ist)

Batam - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Menlu Singapura, Vivian Balakrishnan untuk mengabarkan bahwa Kepulauan Riau (Kepri) sudah siap menerima turis.

"Tadi saya juga sudah menelpon Vivian, karena Lagoi (Bintan), mereka sudah siap menerima turis," ujar Luhut usai rapat terbatas di Nongsa Point Marina, Batam, Kepri, Kamis (2/7/2020).

Dari hasil komunikasi tersebut, Luhut menjelaskan bahwa Pemerintah Singapura dapat membuka jalur pelayaran internasional untuk kegiatan pariwisata setelah Pemilihan Umum di negara mereka selesai dilakukan. Untuk diketahui Pemilu di Singapura akan dilaksanakan pada 10 Juli 2020.

"Tadi disebutkan, tunggu selesai pemilu, mereka (Pemerintah Singapura,red) akan lihat," katanya.  

Kawasan wisata Lagoi berani menerima turis setelah melihat perkembangan kasus Covid-19 di Bintan yang hampir mencapai nol kasus. Tidak hanya kawasan wisata Lagoi, kawasan lainnya seperti Nongsa juga sudah siap menerima turis. "Tadi saya juga sudah diminta supaya di sini (Nongsa) juga masuk (buka pelayaran)," jelasnya.

Terkait tenaga kerja asing (TKA) yang mulai masuk ke wilayah Indonesia, Luhut menyampaikan pintu masuk internasional sudah mulai dibuka secara bertahap. Dengan catatan, tetap memperhatikan negara asal dari TKA tersebut.

"Tergantung dari mana asalnya, memang ada, boleh, apply kesehatan dari negara yang kita approve," ucapnya.

Tidak hanya untuk TKA, Luhut menambahkan untuk wisawatan mancanegara (wisman) juga dapat masuk ke tanah air. Untuk negara Singapura dan Malaysia tidak ada masalah, karena menurutnya kasus Covid-19 di negara tersebut sudah mulai turun.

(ary)