Disdik Yakin Pendaftar PPDB Batam Tertampung di Sekolah Negeri

Disdik Yakin Pendaftar PPDB Batam Tertampung di Sekolah Negeri

Kepala Disdik Kota Batam, Hendri Arulan. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam - Proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah ditutup, Jumat (26/6/2020). 

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam mencatat ada 24.957 calon siswa yang telah mendaftar melalui website PPDB sejak 10 Juli lalu. Sehingga proses pendaftaran PPDB ini tidak diperpanjang. 

"Jadi PPDB berjalan sesuai dengan jadwal awal," ujar Kadisdik Batam, Hendrfi Arulan, Sabtu (27/6/2020). 

Ia menyebutkan dari jumlah calon siswa yang mendaftar tersebut, untuk tingkat SD ada 11.878 pendaftar, sedangkan SMPN sebanyak 13.079 pendaftar. Menjelang hari terakhir, jumlah pendaftar terus menurun. 

"Sepertinya memang sudah banyak yang mendaftar ke sekolah swasta, sehingga jumlah pendaftar ke negeri masih cukup seimbang dengan total daya tampung yang ada," jelasnya.

Terkait rencana daya tampung (RDT), untuk SD berjumlah 12.096 siswa, sedangkan untuk SMP Negeri berjumlah 11.375 siswa. Perhitungan itu diambil dengan estimasi 32 siswa per kelas. 

Dengan jumlah calon siswa yang mendaftar, Hendri memperkirakan tidak ada yang tidak diterima, semua bisa tertampung ke sekolah negeri.  

"Nanti bisa 36 siswa per kelas, melihat jumlah tersebut sepertinya semua siswa yang masuk ke negeri bisa tertampung, tinggal pemerataan saja lagi, karena ada sekolah yang kelebihan dan ada juga yang kekurangan siswa," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews