PPDB Batam: Orangtua Pilih Daftar via WhatsApp Ketimbang Online

PPDB Batam: Orangtua Pilih Daftar via WhatsApp Ketimbang Online

Kepala Disdik Kota Batam, Hendri Arulan. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Batam, Kepulauan Riau sudah bergulir sejak tanggal 10 Juni 2020. PPDB tahun ini sempat terkendala lantaran server tak mampu menampung lonjakan pendaftar.

Dinas Pendidikan Batam pun mengambil insiatif membuka pendaftaran melalui platform WhatsApp (WA). Alhasil, pendaftaran lewat WA ini lebih diminati orangtua calon siswa.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan hingga saat ini sudah ada 21.417 pendaftar dan 15.019 orang diantaranya sudah terverifikasi. 

“Total peserta calon didik itu 44 ribu, jadi sudah 50 persen yang berhasil masuk,” ujar Hendri, Kamis (17/6/2020). 

Ia menyebutkan proses pendaftaran ini masih dibuka hingga pada tanggal 26 Juni 2020. Sejak proses pendaftaran dibuka melalui whatsapp, para orangtua calon siswa cenderung mendaftarkan melalui platform tersebut. 

“Mereka lebih memilih lewat WA, daripada lewat mendaftar lewat website,” katanya. 

Proses pendaftaran melalui WA dinilai lebih mudah karena setelah mengirim foto, operator sekolah yang akan mendaftarkan dan selanjutnya orangtua tinggal menerima bukti verifikasi. 

“Nomor whatsapp itu bisa dilihat di sekolah yang dituju,” katanya. 

Sementara itu, Ketua PPDB SMPN 3 Batam, Yeri E. Isdhiantara mengatakan jumlah pendaftar di hari ketujuh dibukanya PPDB sebanyak 570 pelamar. Angka ini sudah melebihi kuota yang disediakan sekolah yakni 320 siswa. 

"Zonasi paling banyak dipilih. Dari total semua peserta yang mendaftar, terdapat 250 lebih untuk jalur ini," ujar Yeri. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews