6 Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan Tubuh, Tak Hanya Bikin Bahagia

6 Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan Tubuh, Tak Hanya Bikin Bahagia

Ilustrasi.

SEBAGIAN besar orang Indonesia pastinya tidak asing lagi dengan makanan pedas. Mereka biasa menganggap bahwa tak lengkap jika makan tanpa cita rasa pedas. Oleh karena itu, saat ini semakin banyak tempat makan yang menyajikan makanan pedas.

Biasanya, setelah mengonsumsi makanan pedas, sakit perut akan menyerang dan sering kali Anda mengeluhkan hal itu. Namun, apakah Anda mengetahui bahwa mengonsumsi makanan pedas juga baik untuk kesehatan?

Untuk mengetahui secara rinci, berikut ini adalah manfaat mengonsumsi makanan pedas, yang dilansir dari Liputan6.

 

1. Bantu Membakar Kalori

Manfaat makanan pedas yang pertama adalah dapat membakar kalori dalam tubuh Anda. Sebuah penelitian mengatakan bahwa sepiring makanan pedas dapat meningkatkan kadar pembakaran kalori hingga 8%.

Ketika Anda mengonsumsi makanan pedas, metabolisme tubuh akan bekerja lebih cepat. Studi lain mengatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan pedas dapat mengurangi beberapa kilo berat badannya.

 

2. Dapat Melindungi Jantung Anda

Manfaat makanan pedas yang selanjutnya adalah dapat bantu melindungi kesehatan jantung Anda. Mengonsumsi makanan pedas dapat menghilangkan efek kolesterol jahat.

Selain itu, kandungan capcaisin dalam cabai dapat membantu Anda melawan peradangan yang merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan serangan jantung.

 

3. Bantu Hilangkan Rasa Sakit

Manfaat makanan pedas yang berikutnya adalah dapat membantu hilangkan rasa sakit yang ada di tubuh.

Efek kandungan capcaisin pada cabai akan dapat mematikan sinyal-sinyal rasa sakit tertentu yang dikirim dari sel-sel saraf Anda ke otak.

Hal itulah yang menyebabkan capcaisin sering digunakan sebagai bahan penghilang rasa sakit.

 

4. Kaya Akan Kandungan Nutrisi

Manfaat makanan pedas bagi kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui adalah cabai merupakan makanan yang kaya akan nutrisi baik untuk tubuh. Mengonsumsi makanan pedas akan membuat Anda lebih mudah untuk memenuhi asupan nutrisi.

Cabai termasuk ke dalam beberapa vitamin A dan C serta beberapa mineral penting lainnya yang berguna untuk tubuh Anda.

 

5. Membuat Anda Lebih Bahagia

Manfaat makanan pedas untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah dapat membuat Anda selalu merasa bahagia.

Efek makanan pedas pada tubuh akan dapat membuat otak akan memproduksi hormon serotonin yang bisa membuat Anda lebih siap untuk menghadapi depresi, kecemasan, kemarahan, dan stres.


6. Cegah Kanker

Manfaat makanan pedas untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah dapat mencegah kanker. Menurut American Association for Cancer Research, capcaisin memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker dan leukimia.

Makanan pedas akan memiliki efek yang sama pada tubuh seperti halnya obat kanker tertentu, dilansir dari konsultan senior untuk inovasi perawatan kesehatan di Alline Hospitals and Clinics di Minnesota, Amerika Serikat, Gregory A. Plotnikoff, MD.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews