Wabup Lingga Minta Dinas PU Atasi Permasalahan Air Bersih di Tanjung Mana

Wabup Lingga Minta Dinas PU Atasi Permasalahan Air Bersih di Tanjung Mana

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar saat memantau DAM air bersih hutan Medap yang mengalirkan air ke Dusun Tanjung Mana (Foto:ist)

Lingga - Warga Dusun Tanjung Mana, Kelurahan Pancur, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, sejak beberapa waktu belakangan sulit mendapatkan air bersih. Hal ini karena air yang disalurkan dari sumber DAM hutan Medap itu tiba-tiba tidak mengalir.

Mendengar informasi tersebut, Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar langsung terjun ke lokasi sumber air, Senin (22/6/2020). Tak sendirian, orang nomor dua di Kabupaten Lingga ini turut didampingi Lurah Pancur, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga, serta beberapa pejabat lainnya.

"Kami hadir disini dikarenakan keluhan dari masyarakat Tanjung Mana. Karena DAM air bersih tempat mereka tidak mengalir, disebabkan ada sebagaian pipa bocor. Namun bocornya pipa tersebut belum ditemukan titik lokasinya," ucap Nizar.

Meski demikian, Nizar mengaku sudah menyampaikan permasalahan tersebut kepada Kepala DPUPR-PKP Lingga untuk ditanggapi dan dilakukan penanganan lebih lanjut, agar air bersih tersebut bisa mengalir kembali ke Tanjung Mana.

"Itu nantinya dari Dinas PU akan mencari alurnya. Untuk jangka pendeknya akan dikasih pipa, dan mudah-mudahan Tanjung Mana cepat dialiri air bersih,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua RT Tanjung Mana, Badul mengapresiasi tindakan yang dilakukan Wakil Bupati Lingga tersebut. Terlebih lagi, Nizar tak sungkan untuk masuk ke dalam hutan meninjau langsung kondisi DAM air di hutan Medap.

"Mudah-mudahan dengan ini, air bisa cepat mengalir kembali ke kampung kami," pungkasnya.

(ruz)