Tinjau Perusahaan Industri di Batam, Isdianto: Keputusan Tepat Tidak PSBB

Tinjau Perusahaan Industri di Batam, Isdianto: Keputusan Tepat Tidak PSBB

Muspida Kepri saat meninjau kesiapan di PT Amtek. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Plt Gubernur Kepri, Isdianto bersama unsur Muspida meninjau kesiapan jelang new normal di tiga perusahaan kawasan industri yang ada di Batam, Kepri, Jumat (18/6/2020). 

Pada kunjungan pertama, rombongan memilih PT Amtek di Kawasan Cammo Industrial Estate, kemudian dilanjutkan ke PT. Schneider Electronic Manufacturing Lot 4 di Kawasan Industri Batamindo. Terakhir ke PT. TDK Electronic Indonesia di Kawasan Industri Panbil. 

Isdianto mengatakan, ketiga perusahaan terlihat sangat memperhatikan protokol kesehatan. 

“Saya sudah lihat sendiri, memastikan bahwa memang diterapkan protokol kesehatan, antar karyawan ada jaga jarak,” ujar Isdianto. 

Oleh karena itu, Isdianto menilai bahwa sejak ada kasus Covid-19 di Batam pertengahan Maret lalu, temuan kasus di industri hampir tidak ada. Hanya satu orang karyawan yang positif Covid-19 yaitu seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia di PT Amtek. 

Dari hasil morning peninjauan itu, Isdianto juga menyampaikan bahwa setiap perusahaan memiliki klinik masing-masing. Sehingga bagi karyawan yang sakit, dapat langsung berobat ke klinik yang siaga selama 24 jam. “Jadi ada ruangan tersendiri, untuk dokter dapat memeriksa pasien,” kata dia. 

Selain itu, dari pihak perusahaan yang dikunjungi menginformasikan bahwa selama Covid-19 tidak ada pengurangan karyawan, justru ada peningkatan produksi, dan ada perekrutan karyawan. “Jadi memang keputusan tidak ada PSBB di Batam merupakan keputusan yang tepat,” kata dia. 

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengakatan hal yang senada, bahwa perusahaan telah menerapkan protokol kesehatan. “Nanti juga akan meninjau hotel dan restoran,” ujar Rudi.

(ret)