Update Covid-19 Batam 18 Juni: Positif Tambah 2 Kasus, Jumlah Sembuh Bertambah 9

Ilustrasi. (Foto: ist)

Batam - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam merilis dua pasien terkonfirmasi positif, Kamis (17/6/2020). Sehingga total pasien Covid-19 di Batam berjumlah 197 orang. 

Temuan dua orang pasien tersebut berdasarkan hasil tracing kontak dekat yang terus berlangsung dari klaster HOG Eden Park dan ada kasus baru. 

Adapun pasien terkonfirmasi positif tersebut yaitu, seorang perempuan berinisial RS usia 24 tahun. Ia merupakan seorang karyawan dealer sepeda motor di Kawasan Nagoya dan beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung, Kabil, Nongsa. 

Pasien tersebut teridentifikasi sebagai pasien nomor 196 Kota Batam, Ia diketahui merupakan anak kandung dari pasien nomor 172 Kota Batam, yang mana merupakan teman dan tetangga dari pasien nomor 164.

“Pasien nomor 164 ini merupakan tukang pijit yang berkaitan dengan klaster HOG Eden Park,” ujar ketua tim gugas Batam, Muhammad Rudi dalam pers rilisnya. 

Dari keterangan pasien, diketahui Ia tidak memiliki riwayat bepergian dan sudah dirumahkan dari tempatnya bekerja sejak dua bulan yang lalu. Saat ini pasien sedang persiapan untuk dirujuk di ke RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Pasien berikutnya merupakan seorang laki-laki berinisial MDA usia 19 tahun, beralamat di kawasan perumahan Tembesi Sidomulyo, Sagulung. Ia teridentifikasi sebagai pasien nomor 197 Kota Batam. 

Sebelumnya diketahui pasien ini pada tanggal 17 Juni 2020 memeriksaan diri ke RS Bhayangkara Batam untuk melakukan pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT). 

Pemeriksaan tersebut berkaitan untuk persyaratan penerbangan ke Jakarta, dalam rangka berobat di RS Harapan Kita, sesuai rujukan dari dokter spesialis jantung pada salah satu rumah sakit di Batam.

“Hasil yang diperoleh dari pemeriksaan tersebut disimpulkan Ig.G Reaktif, Ig.M Non Reaktif,” katanya. 

Selanjutnya diteruskan dengan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya terkonfirmasi positif. Ia akan dirujuk ke RSBP Batam.

Selain penambahan kasus, tim Gugas juga merilis sejumlah pasien yang sembuh. 

Hari ini ada 9 orang yang dinyatakan sembuh. Mereka yakni Pasien 104, 108, 113, 132, 136, 137, 138, 139 dan 148.

Dengan demikian kasus sembuh di Batam sudah 111 kasus. Jumlah kasus meninggal sejauh ini tidak ada pertambahan dari angka 12 kasus.

Sementara secara kumulatif total 197 kasus yang terjadi di Batam.

(ret)