Seleksi Capim KPK

Mantan Direskrim Polda Kepri Lolos Capim KPK, Kapolri: Kita Dukung

Mantan Direskrim Polda Kepri Lolos Capim KPK, Kapolri: Kita Dukung

Brigjen Pol Basaria Panjaitan

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Mantan Direktur Reserse Kriminal Polda Kepri Brigjen Pol Basaria Panjaitan lolos menjadi 8 calon pimpinan KPK yang akan diuji DPR. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mendukung penuh Widyaiswara Madya Sespimti Lemdikpol tersebut.

"Ya dia mendaftar kalau sudah diloloskan, ya kita dukung lah," ujar Jenderal Badrodin di Istana Negara, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Badrodin enggan berkomentar lebih jauh tentang Basaria. Badrodin mengaku tidak mengikuti perkembangan 8 capim KPK yang sudah diajukan ke Presiden Jokowi pagi tadi.

"Ya tanggapannya baik-baik saja," kata Badrodin.

Menurut Badrodin tidak ada arahan khusus kepada Brigjen Basaria. Dia hanya memberikan arahan umum kepada semua anggota Polri yang ikut dalam seleksi capim KPK.

"Ya semuanya kita kasih supaya dipersiapkan yang sebaik-baiknya, supaya kerja sama dengan KPK ini bisa baik dan seterusnya, bisa maju pemberantasan korupsi juga bisa bersinergi, itu kan yang paling utama," tutupnya.

Untuk diketahui, Basaria masuk Sekolah Calon Perwira (Sepa) Polri di Sukabumi dan ditempa di sana. Lulus sebagai polwan berpangkat Ipda, Basaria langsung ditugaskan di Reserse Narkoba Polda Bali.

Perempuan kelahiran Sumatera Utara, 20 Desember 1957 ini malang melintang di berbagai pos penugasan, di antaranya menjadi Kepala Biro Logistik Polri, Kasatnarkoba di Polda NTT dan menjadi Direktur Reserse Kriminal Polda Kepulauan Riau. 

Dari Batam, Basaria ditarik ke Mabes Polri, menjadi penyidik utama Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim.

Posisinya sebagai polisi aktif menarik perhatian panitia seleksi dalam wawancara Senin (24/8) lalu. Terlebih dia sudah berkarier di kepolisian selama 30 tahun. Independensi Basaria pun sempat dipertanyakan.

"Bagaimana jika nanti yang Ibu hadapi adalah senior yang pernah berjasa menaikkan pangkat Ibu?" tanya anggota pansel Betty Alisjahbana dalam wawancara tahap akhir capim KPK di gedung Setneg, Jl Medan Merdeka Utara, Jakpus, Senin (24/8) lalu.

Menjawab pertanyaan tersebut, Basaria menegaskan dirinya akan tetap independen. Basaria bertekad menegakkan peraturan yang ada dan melaksanakan amanah sebaik mungkin.

"Ibu percaya sama saya. Di polisi, yang menaikkan pangkat tidak perorangan. Saya tidak tahu siapa yang naikkan pangkat saya, tahu-tahu TR turun," jawabnya. 

sumber: detikcom

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews