Panas! China-India Bentrok, 3 Tentara Tewas

Panas! China-India Bentrok, 3 Tentara Tewas

Suasana di Ladakh, India, beberapa waktu lalu (Foto: CNBC Indonesia)

New Delhi - Seorang perwira militer dan dua prajurit tentara India tewas dalam pertempuran dengan tentara China di Lembah Galwan, Ladakh, India, Senin (15/6/2020) malam waktu setempat. 

Demikian pernyataan resmi militer India seperti dikutip New Delhi Television Limited (NDTV), Selasa (16/6/2020).

"Selama proses de-eskalasi sedang berlangsung di Lembah Galwan, sebuah pertempuran sengit terjadi kemarin kemarin malam ditandai dengan jatuhnya korban seorang perwira dan dua tentara. Pejabat militer senior kedua negara saat ini bertemu di tempat itu untuk meredakan situasi," tulis pernyataan itu.

Seperti diketahui, tentara India dan China telah terlibat perseteruan di kawasan perbatasan antara kedua negara selama berminggu-minggu. Selain di Ladakh, militer kedua negara juga tampak bersitegang di Pangong Tso, Lembah Galwan, Demchok, dan Daulat Beg Oldie di timur Ladakh.

Sebelumnya, insiden terjadi di Danau Pongong. Militer dari kedua negara terluka akibat saling serang. Namun, pertikaian mereda setelah dilakukan perundingan.

Menurut laporan NDTV, komandan militer India dan China telah belakukan pembicaraan tingkat komandan brigade dan batalyon di daerah Lembah Galwan. Belum diketahui hasil pembicaraan dari kedua kubu tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews