Penerimaan Siswa Baru di Bintan dengan Sistem Online, Ini Jadwalnya

Ilustrasi.

Bintan - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Bintan mulai dari jenjang PAUD, TK, SD dan SMP mulai dibuka pada 22 Juni-4 Juli 2020 mendatang. Namun untuk pendaftaran PPDB ini tidak diberlakukan lagi pengumpulan dan antrean, namun melalui sistem online.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan, Tamsir mengatakan, bedasarkan petunjuk teknis Disdik Bintan tentang PPDB 2020 harus dilaksanakan dengan mengacu kepada protokol kesehatan dan antisipasi penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

“PPDB dibuka selama 13 hari dengan sisitem online. Dimulai dari 22 Juni-4 Juli 2020,” ujar Tamsir, Kamis (28/5/2020).

PPDB jenjang SD dan SMP dapat dilakukan secara online melalui website dan aplikasi via playstore : ppdb bintan.

Sedangkan PPDB jenjang PAUD dan TK dapat dilakukan melalui WhatsApp atau SMS yang ditunjuk oleh masing-masing satuan pendidikan.

“Apabila ada calon siswa ataupun orangtua wali murid kesulitan dalam mendaftar PPDB dengan sistem online, maka dapat dilakukan dengan alternatif lainnya yaitu melalui sistem WhatsApp ataupun SMS,” jelasnya.

Diminta pihak sekolah menugaskan dua operator bagi sekolah yang daya tampung minimal 4 ruang belajar.

Namun sebelum diberlakukan, pihak sekolah wajib mensosialisasikan tatacara PPDB itu melalui video (disediakan Disdik). Lalu umumkan melalui spanduk atau baliho dengan menyertakan nomor kontak ponsel operator PPDB.

“Satuan pendidikan atau sekolah mengumumkan PPDB itu melalui spanduk atau baliho 10 hari sebelum pendaftaraan dibuka,” katanya.

(ary)