Di Tengah Guyuran Hujan, Petugas Covid-19 Bintan Jemput Seorang Warga

Di tengah guyuran hujan, petugas Covid-19 Bintan menjemput warga yang dinyatakan positif. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Warga RT 002/ RW 003, Batu 20, Kelurahan Gunung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur dinyatakan positif Covid-19 dari hasil uji swab. Pria tersebut sebelumnya menjalani karantina mandiri di rumah sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

Setelah hasil swab keluar, Tim Covid-19 Bintan menjemput ke rumahnya, Selasa (26/5/2020). Tampak di tengah hujan, pria itu  kemudian dipayungi dan dibawa menuju mobil ambulance untuk menjalani isolasi di RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri, Batu 8 Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan warga tersebut berusia paruh baya 52 tahun.

"Kini pria berusia 52 tahun itu jadi pasien positif Covid-19 di RSUP RAT Kepri," ujar Gama, Selasa (26/5/2020).

Ia tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri maupun luar daerah. Bahkan juga tidak memiliki gejala sakit seperti terpapar Covid-19.

Beberapa hari lalu bersangkutan melakukan cek kesehatan dengan Rapid Diagnostik Test (RDT) hasilnya reaktif.

Sehingga pria itu ditetapkan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). Kemudian dilakukan pengambilan sampel swab tenggorokannya untuk dicek Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Tadi siang hasil PCR keluar dan ditetapkan positif Covid-19. Kemudian dijemput oleh tim penanganan Covid-19 untuk dirawat dan diisolasi di RSUP RAT Kepri," ujar Gama.

Tim gugus tugas masih melakukan tracking bagaimana pria itu terpapar Covid-19. Selain itu tracing terhadap yang close contact dilakukan.

(ary)