Uniknya Hong Kong, Ada Es Krim Rasa Gas Air Mata

Uniknya Hong Kong, Ada Es Krim Rasa Gas Air Mata

Es krim rasa gas air mata yang dijual di Hong Kong. (Foto: AP via VOA)

Hong Kong - Aksi protes yang mengguncang Hong Kong setahun lalu, memunculkan kreativitas dari pelaku bisnis kuliner di eks koloni Inggris itu.

Sebuah kreasi menu baru lahir dari pengusaha es krim di Hong Kong yang menghadirkan varian rasa yakni gas air mata.

Dilansir oleh VOA, rasa baru ini merupakan isyarat dukungan bagi gerakan prodemokrasi, kata pemilik toko yang meminta namanya dirahasiakan untuk menghindari kemungkinan aksi pembalasan dari pemerintah pro-Beijing.

“Kami ingin rasa es krim itu mengingatkan orang-orang untuk terus menggelar protes dan tidak kehilangan semangat,” katanya dikutip Batamnews, Sabtu (16/5/2020).

Ia sebelumnya mencoba beberapa rempah lainnya termasuk wasabi dan mustard untuk meniru sensasi gas air mata. Lada hitam, katanya, ternyata yang paling mirip karena memiliki efek yang mengganggu tenggorokan.

“Kami memanggang dan menumbuk halus lada hitam, dan mencampurkannya dengan bahan-bahan lain sehingga menjadi gelato, atau es krim ala Italia. Sedikit pedas, tapi yang penting sensasi yang ditimbulkan setelahnya pada tenggorokan. Rasanya seperti bernafas dalam gas air mata,” katanya.

Sementara, Anita Wong, seorang pelanggan mengatakan menu es krim itu mengingatkan dirinya mengenai betapa perihnya perjuangan prodemokrasi. 

"Ini sesuatu yang tidak boleh saya lupakan,” kata dia.

Lebih dari 16.000 selongsong gas air mata ditembakkan selama protes tahun lalu, kata pihak berwenang Hong Kong. Gas air mata itu banyak ditembakkan di distrik-distrik padat penduduk, yang jalan-jalan sempitnya dipenuhi restoran-restoran kecil dan gedung-gedung apartemen.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews