Hindari Makanan Penyebab Dehidrasi Saat Puasa

Hindari Makanan Penyebab Dehidrasi Saat Puasa

Ilustrasi kopi.

Jakarta - Dehidrasi menjadi masalah yang sangat mengganggu ibadah puasa kita. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari dehidrasi selama puasa.

Mulai dari pola minum 2-4-2, hingga menghindari makanan-makanan penyebab dehidrasi.

Makanan yang kita konsumsi saat buka puasa maupun sahur tanpa kita sadari menjadi penyebab dehidrasi.

Beberapa makanan memang menjadi pemicu dehidrasi, atau mudah haus saat menjalani puasa. Ini dikarenakan tubuh kekurangan asupan cairan.

Melansir Fimela, inilah deretan makanan penyebab dehidrasi saat puasa yang perlu kamu hindari: 

Kopi

Bagi para pecinta kopi, tidak bisa dilewatkan minuman yang satu ini saat buka puasa maupun sahur. Kopi memiliki sifat diretik, yang artinya menyerap cairan untuk dikeluarkan dari tubuh.

Meminum kopi saat sahur menyebabkan cairan yang sudah masuk ke dalam tubuhmu akan diserah dan dikeluarkan dari tubuh.

Hal ini menyebabkan tubuh kehilangan cairan selama puasa yang menyebabkan kamu dehidrasi.

Sebuah penelitian menemukan, kopi dengan kandungan kafein mampu menghambat peneyrapan natrium.

Soda

Selain kopi, makanan penyebab dehidrasi selama puasa adalah minuman bersoda. Dalam sebuah penelitian menunjukkan minuman berkarbonasi atau bersoda justru malah mengurangi kandungan air di dalam tubuh.

Selain mengurangi cairan, minuman bersoda juga mengandung gula yang tinggi dan rentan menjadi penyebab rasa haus akibat dehidrasi.

Makanan Asin

Makanan yang terlalu asin juga berpotensi menyebabkan dehidrasi selama puasa. Makanan terlalu asin mengandung banyak garam dan MSG yang rentan membuat tubuh kehilangan cairan.

Hal ini disebabkan karena garam dapat mengentalkan darah. Sehingga terlalu banyak makanan asin dapat membuatmu kehausan.

Gorengan

Makanan penyebab dehidrasi selanjutnya adalah gorengan. Selain menyebabkan kolesterol, gorengan juga menyebabkan kekurangan cairan dalam tubuh.

Meskipun Nampak lezat dan menggoda, lebih baik kamu mengurangi konsumsi gorengan selama puasa, yaitu saat buka puasa dan sahur. Lebih baik banyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air untuk mengatasi dehidrasi di siang hari selama puasa.

Makanan dan Minuman Manis

Selain makanan asin, makanan manis dan minuman yang manis menjadi makanan penyebab dehidrasi saat puasa. Apalagi, saat buka puasa makanan dan minuman manis tampak menyegarkan.

Namun siapa sangka makanan dan minuman manis yang mengandung gula ini akan membuat tubuh terasa kering dan mudah haus.

Daging olahan

Selain makanan tinggi protein, makanan dengan bahan dasar daging yang sudah diolah juga menjadi penyebab dehidrasi selama puasa.

Daging olahan ini seperti nugget, sossis, kornet, daging asap, dan makanan olahan daging lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews