Cegah Pengangguran, Program Padat Karya Kemen-PUPR Sampai ke Lingga

Cegah Pengangguran, Program Padat Karya Kemen-PUPR Sampai ke Lingga

Ilustrasi

Lingga - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) memperluas cakupan layanan program Padat Karya Tunai (PKT), guna mengurangi angka pengangguran di tengah ketidakpastian perekonomian pada masa pandemi virus Corona (Covid-19).

Tahun ini, Kemen-PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) IV Batam, melakukan program kegiatan pekerjaan irigasi di Desa Bukit Langkap dan Kerandin, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga, Novrizal melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA), Ardee mengatakan, percepatan program PDT berupa pekerjaan irigasi tersebut, bertujuan mempertahankan daya beli masyarakat dan mengurangi angka pengangguran di tengah pandemi Covid-19.

"Untuk Kabupaten Lingga, khususnya pekerjaan irigasi di lokasi Bukit Langkap dan Kerandin, setelah berkoordinasi dengan pihak BWSS IV Batam, ada dua pekerjaan irigasi," kata Ardee kepada Batamnews, Selasa (12/5/2020).

Ia menjelaskan, program padat karya untuk Desa Bukit Langkap yakni, galian bendung yang awalnya dilakukan secara mekanis, kini diubah dengan pekerjaan galian manual. Untuk perubahan ini dilakukan penambahan item baru pekerjaan, yaitu galian manual serta perubahan metode pelaksanaan.

Sedangkan untuk Desa Kerandin, pekerjaan yang dilakukan padat karya adalah galian saluran primer yang awalnya secara keseluruhan dilakukan dengan galian mekanis, kini dirubah sebagian secara manual. Untuk perubahan ini dilakukan penambahan item baru pekerjaan, yaitu galian manual serta juga perubahan metode pelaksanaan.

"Program padat karya ini sangat penting bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sebab pembangunan infrastruktur padat karya, selain untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, juga bertujuan mengurangi pengangguran di lokasi tersebut," pungkas Ardee.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews