Pandemi Covid-19, Masih Ada Rumah Ibadah di Batam Abai Anjuran Pemerintah

Pandemi Covid-19, Masih Ada Rumah Ibadah di Batam Abai Anjuran Pemerintah

Ilustrasi.

Batam - Ketua Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kecamatan Bengkong, Darwin Darwis meninggal dunia dengan status terkonfirmasi Covid-19. Dari tracing yang dilakukan tim Gugus Tugas Covid-19 Batam, diketahui Darwis menjalani sejumlah aktivitas, termasuk sempat salat tarawih berjemaah.

Tentu hal ini menjadi perhatian Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad yang merupakan Ketua Harian Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam.

Sebelumnya Pemko Batam bersama MUI dan stake holder terkait sudah sepakat untuk menunda kegiatan di masjid sementara waktu dalam masa pandemi Covid-19. Faktanya masih ada rumah ibadah yang belum menjalankan imbauan pemerintah soal phsycal distancing.

“Kemarin sudah langsung kami rapatkan bersama tokoh lintas agama, tolong diberi pemahaman kepada kawan-kawan (pengurus masjid),” ujar Amsakar, Rabu (6/3/2020).

Wako Batam beberapa waktu lalu meminta aktivitas salah 5 waktu dan tarawih tidak dilakukan di masjid. “Hal ini juga sudah sesuai dengan arahan menteri agama, dan intruksi maklumat Kapolri,” jelasnya.

Amsakar juga memberikan pengertian, seperti kasus ketua IKSB Bengkong yang meninggal dunia sempat melakukan salat tarawih berjamaah.

Maka nanti siapapun yang kontak dengan yang bersangkutan harus menjalani karantina mandiri hingga rapid test.

“Satu aja yang kena, satu masjid itu diangkut, atau satu gereja itu diangkut,” ucapnya.

Selain mengajak tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, Ia juga telah mengumpulkan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, camat dan lurah agar mengimbau tempat-tempat ibadah untuk memahami situasi dan menjalankan imbauan pemerintah.

“Pokoknya kita masih mendahulukan upaya persuasif, kebijakan ini bukan kontra terhadap kehidupan beragama,” katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews