15 Crew KM Kelud Sembuh dari Covid-19 di RS Galang

15 Crew KM Kelud Sembuh dari Covid-19 di RS Galang

Petugas memeriksa penumpang kapal Kelud beberapa waktu lalu (Foto: Edo)

Batam - Sebanyak 15 crew KM Kelud yang terkonfirasi positif corona virus disease (Covid-19) akhirnya dinyatakan sembuh setelah hasil dua kali tes swab menunjukan negatif. Crew KM Kelud tersebut selema ini dilakukan perawatan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Galang, Kota Batam.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan dengan sembuhnya 15 kasus baru tersebut tentunya semakin meningkatkan rasa optimisme untuk melawan Covid-19. Kabar baik ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi pasien Covid-19 lainnya yang saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Alhamdullilah perkembangan kasus Covid-19 di Kota Batam menuju trend positif, seiring bertambahnya pasien
terkonfirmasi positif yang sembuh," kata Rudi, Minggu (3/5).

Pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Batam tersebut menjelaskan bahwa kasus tersebut bukan kasus yang
tercatat terkonfirmasi positif Kota Batam mengingat mereka bukan warga dan tidak berdomisili di Kota Batam. Namun dilakukan perawatan di RSD Galang yang masuk dalam wilayah Kota Batam.

Saat ini 15 crew KM Kelud tersebut sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing. Hal itu merujuk berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan oleh Laboratorium BTKL-PP (Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit) Kota Batam

"Karena itu berdasarkan laporan tim medis yang menanganinya dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit," katanya.

Jumlah crew KM Kelud yang dibawa ke RSD Galang Kota Batam sebelumnya sebanyak 40 crew, berdasarkan hasil tes swab sebanyak 11 crew negatif Covid-19 dan dikembalikan ke Pelni. Sedangkan 29 crew lainnya dinyatakan positif Covid-19 dan langsung dilakukan perawatan secara intensif di RSD Galang.

Setelah menjalani perawatan, saat ini 15 crew dinyatakan sembuh. Kondisi yang bersangkutan semua dalam keadaan sehat dan stabil serta dalam persiapan untuk kembali ketempat tinggalnya guna melaksanakan self isolatian atau karantina mandiri dirumahnya selama 14 hari. 

"Sehingga sisanya yang masih menjalani perawatan di RSD Galang Kota Batam saat ini sebanyak 14 crew. Kita doakan mudah-mudahan bisa segera sembuh juga," kata Rudi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews