Duriangkang Susut, Berbagai Upaya Dilakukan ATB Jaga Layanan di Tengah Darurat Corona

Duriangkang Susut, Berbagai Upaya Dilakukan ATB Jaga Layanan di Tengah Darurat Corona

Foto: ist

Batam –  Pipa intake ponton di IPA Tanjungpiayu hanya tinggal 40 cm dari dasar waduk yang telah dipasang plat baja sebelumnya.

Dengan kondisi ini diprediksi, pipa ini hanya akan mampu menyedot air selama 15 hari ke depan jika hujan tak kunjung turun dengan intensitas yang memadai.

Untuk memperpanjang umur pipa, PT. Adhya Tirta Batam (ATB) melakukan pendalaman alur di sekitar intake Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tanjungpiayu.

Pendalaman alur ini diharapkan mampu membuat IPA bisa tetap beroperasi hingga 40 hari ke depan. “Kami akan melakukan berbagai upaya agar pelayanan air bersih bisa tetap terjaga baik,” kata Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, Kamis (16/4/2020).

PT. ATB melakukan rekayasa pendalaman alur dan membuat kolam kecil di sekitar ponton. Secara teknis, alur yang dibuat akan mengumpulkan air di kolam yang berada di bawah Ponton. Sehingga pipa intake bisa lebih leluasa mengambil air.

Pekerjaan ini telah mulai dilakukan pada Senin (13/4/2020) dan akan selesai pada Minggu (19/4/2020) mendatang.

Upaya ini akan membuat IPA Tanjungpiayu akan bisa memanfaatkan air di Dam Duriangkang hingga elevasi air mencapai minus 4 meter dari permukaan bangunan pelimpah. “Kita berdoa semoga hujan cepat turun. Kita sama-sama bahu membahu menjaga agar air kita bisa bertahan lebih lama,” ujar Maria.

IPA Tanjungpiayu adalah salah satu instalasi yang mengambil air dari waduk Duriangkang. IPA ini melayani sekitar 21 ribu pelanggan di wilayah Tanjungpiayu dan sekitarnya.

Kondisi kekeringan membuat IPA ini terancam berhenti beroperasi, dan berpotensi membuat 21 ribu pelanggan kehilangan suplai air bersih.

Untuk memperpanjang usia operasional IPA Tanjungpiayu, sebelumnya, PT ATB melakukan pemasangan plat baja di atas permukaan lumpur di dasar Waduk Duriangkang.

Tujuannya agar pipa intake tak menyedot lumpur dari dasar waduk dan akhirnya membuat instalasi mengalami gagal operasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews