Total 32 Kasus Positif Corona di Kepri, Meninggal 7, Sembuh 2

Total 32 Kasus Positif Corona di Kepri, Meninggal 7, Sembuh 2

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Plt Gubernur Kepri, Isdianto mewanti-wanti agar masyarakat mengikuti instruksi pemerintah dalam pencegahan Covid-19. Apalagi kalkulasi kasus terkonfirmasi positif Covdi-19 di Kepri bertambah.

“Hari ini, bertambah lagi pasien positif. Kasus ini diyakini merupakan kasus transmisi lokal karena terkait erat dengan tempat mereka bekerja. PSBB akan menjadi langkah selanjutnya untuk memutus mata rantai ini,” kata Isdianto, Rabu (15/4/2020).

Sesuai laporan dari Tim gugus tugas Cobid-19 Kepri, hingga Rabu ini, total 32 kasus positif Covid-19 di Kepri. Dari jumlah itu 7 orang pasien positif dinyatakan meninggal (5 di Batam, 2 di Tanjungpinang)

Jumlah positif Covid-19 itu tersebar di Batam sebanyak 17 kasus, Tanjungpinang 14 (sembuh 1) dan Karimun 1 (sembuh 1).

Saat ini masih ditunggu perkembangan hasil swab test masyarakat yang sudah menjalani rapid test dengan hasil reaktif.

Saat ini, di Kepri ada 83 orang yang reaktif saat menjalani rapit test. Mereka terbanyak berada di Batam dengan jumlah 71 orang.

Di Tanjungpinang, pasien reaktif dengan rapid test ada 9 orang. Di Karimun dua orang dan satu orang di Bintan.

Dalam laporan Tim Gugus Tugas, jumlah orang tanpa gejala (OTG) mengalami peningkatan drastis. Jika sampai Selasa lalu berjumlah 697 orang, Rabu ini meningkat menjadi 980 orang.

Jumlah terbanyak berada di Batam sebesar 459 orang. Di Tanjungpinang, tercatat 365 OTG. OTG di Kabupaten Bintan masih dalam jumlah 129 orang. Di Karimun tetap 12 orang dan Natuna empat orang.

Seperti diketahui, OTG adalah seseorang yang tidak bergejala, tapi berisiko telah tertular virus corona dari pasien Covid-19.

Selain itu, OTG memiliki kontak erat dengan kasus positif Covid-19. Kontak erat yang dimaksud yakni aktivitas berupa kontak fisik atau berada dalam satu ruangan, maupun telah berdekatan dengan jarak kurang dari 2 meter.

Kontak tersebut bisa dengan PDP maupun pasien positif Covid-19. Rentang waktu kontak fisik itu dalam 2 hari sebelum kasus timbulnya gejala hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala.

Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kepri saat ini sejumlah 233. Sedangkan ada 2.338 Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang sedang dipantau.

(sut)