Pemerintah Ingatkan Cuci Masker Kain Setelah Dipakai 4 Jam

Pemerintah Ingatkan Cuci Masker Kain Setelah Dipakai 4 Jam

Ilustrasi.

Jakarta - Penggunaan masker kain yang baik untuk mencegah wabah virus corona covid-19 adalah empat jam. Lebih dari itu, masker harus dicuci ulang.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, hal ini sudah sesuai anjuran World Health Organization (WHO), masker wajib digunakan oleh orang sehat dan sakit selama pandemi virus corona masih mewabah.

"Masker kain bagi orang yang sehat maksimal dipakai tiga sampai empat jam, setelah itu harus diganti," kata Wiku dalam diskusi di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Rabu (15/4/2020).

Wiku kemudian mempraktikkan cara melepas masker kain penutup hidung dan mulut yang tepat.

Pertama-tama, ia melepas pengait masker di telinga kanan dengan tangan kanan. Kemudian melepas pengait masker di telinga kiri dengan tangan kiri.

Berikutnya, Wiku memasukkan masker itu ke dalam kantung plastik untuk kemudian dapat dicuci dan dipakai kembali.

Setelah membuka masker dan menyimpannya ke dalam kantung plastik, Wiku tidak luput mengingatkan agar setelah proses tersebut selesai dilakukan, maka proses berikutnya adalah mencuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Wiku menjelaskan, syarat minimal masker kain yang direkomendasikan adalah berbahan katun, menggunakan tiga lapis kain, kemudian disesuaikan dengan bentuk wajah.

"Yang penting adalah menutup dagu, mulut, sampai pipi" ucapnya.

Dia juga meminta masyarakat untuk saling mengingatkan untuk menggunakan masker.

Selain itu, protokol kesehatan lainnya juga tetap harus disiplin dilakukan seperti mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, etika batuk dan bersih, hingga jaga jarak atau physical distancing.

(dod)