Polres Natuna Berlakukan Besuk Tahanan Melalui Video Call

Polres Natuna Berlakukan Besuk Tahanan Melalui Video Call

Salah seorang tahanan Polres Natuna saat menyapa keluarganya lewat video call (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna - Dalam rangka meminimalisir penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kepolisian Resor (Polres) setempat memberlakukan metode besuk tahanan secara online, terhitung mulai Selasa (14/4/2020).

Metode ini dilakukan untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkup Mapolres Natuna. Selain itu, metode ini juga dilakukan agar masyarakat atau pembesuk tetap berada di rumah.

"Untuk mengurangi aktivitas masyarakat diluar rumah dan kerabat atau keluarganya berada di dalam tahanan, Polres Natuna memudahkan untuk besuk tahanan secara online," ucap Kapolres Natuna, AKBP Ike Krisnadian kepada Batamnews, kemarin.

Ia menjelaskan, besuk tahanan secara online ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat yang ingin berkomunikasi dengan keluarganya dan dapat berinteraksi secara langsung. Untuk perangkat yang digunakan dalam besuk tahanan secara online yaitu satu unit PC/Laptop dengan menggunakan jaringan wifi berkecepatan 100 Mbps.

"Teknis dan pelaksanaannya dengan metode video call menggunakan aplikasi WhatsApp, dan setiap tahanan yang melaksanakan besuk online diberikan waktu 10 menit per orang, dengan didampingi petugas jaga dan pembicaraan tahanan dengan pihak keluarga termonitor dan transparan," ujar Kapolres.

"Teknis pelaksanaan besuk secara online ini disesuaikan dengan jam besuk tahanan, yaitu pada hari Selasa dan Kamis pada saat jam dinas. Kegiatan besuk online dengan metode video call tersebut tidak dipungut biaya," sambung AKBP Ike.

Sementara itu, salah satu tahanan, Samsudin mengaku senang dengan kebijakan tersebut. Ia pun mendukung metode besuk secara online, karena dinilai bisa membantu keluarga atau saudaranya yang berada di luar Natuna untuk berkomunikasi.

"Jadi meskipun tidak bisa berjumpa secara langsung, tapi kita tetap bisa berkomunikasi secara online. Ini juga bisa mengurangi resiko bagi keluarga kami terkait dampak Covid-19," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews