Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara Batal Layani Rute Kepri-Kalimantan Lebaran Ini

Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara Batal Layani Rute Kepri-Kalimantan Lebaran Ini

KMP Bahtera Nusantara 01 (Foto:ist/Batamnews)

Bintan - Kapal penyeberangan roll on roll off (Roro) KMP Bahtera Nusantara 01, buatan PT Mariana Bahagia Palembang, batal beroperasi pada lebaran tahun 2020.

Saat ini, kapal yang akan melayani rute pulau-pulau antar Provinsi Kepri dan Kalimantan tersebut masih bersandar di Proyek Pelabuhan Bongkar Muat Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara (Binut), Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Kapal berkapasitas 1.500 Gross Tone (GT) yang memiliki panjang 71,92 meter, lebar 14 meter serta sarat kapal 3,28 meter itu ditunda pengoperasiannya akibat adanya larangan mudik dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan, Insan Amin mengatakan, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Dirjen Perhubungan Laut Nomor 13 tahun 2020, kapal roro yang direncanakan akan melayani rute Bintan-Tambelan-Sintete-Anambas jelang lebaran nanti resmi ditunda.

"Iya, dipastikan rencana pelayaran kapal roro itu ditunda sampai waktunya yang belum dapat ditentukan," ujar Insan, kemarin.

Kata dia, penundaan itu dilakukan demi keamanan bersama. Apalagi sudah ada larangan mudik dan berbagai pembatasan lainnya. Untuk menjadi contoh, dia akan berlakukan larangan mudik untuk seluruh ASN di lingkungan kerjanya.

“Kami dulu jalankan larangan itu, barulah kami ajak masyarakat. Diharapkan kendala-kendala yang ada segera berlalu dan kapal dapat beroperasi,” sebutnya.

Dengan demikian, Insan berharap wabah Coronavirus Disease (Covid-19) ini segera berakhir. Sehingga semua rencana yang telah disepakati bersama bisa terealisasi seperti kapal roro tersebut dapat beroperasi dan merajut pulau-pulau secepatnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews