Sebanyak 40 Kru Kapal KM Kelud Terindikasi Corona

Sebanyak 40 Kru Kapal KM Kelud Terindikasi Corona

KM Kelud sandar di Batam, Minggu (12/4/2020). Sebanyak 40 kru kapal terindikasi Corona. (Foto: CCTV pelabuhan)

Batam - Kantor Kesehatan Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Batam melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) terhadap 94 orang kru KM Kelud yang sandar di Pelabuhan Batu Ampar, Minggu (12/4/2020)

Kepala KKP Batam, Achmad Farchanny menyampaikan, KM Kelud sandar di Batam dari Jakarta, Minggu (12/4/2020). “KKP melakukan pemeriksaan sesuai protokol WHO,” ujarnya.

Dari hasil rapid diagnostic test (RDT) tersebut, hasilnya reaktif untuk satu orang kru. Pria tersebut mengalami demam dan mual.

Ia pun ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) dan dirujuk ke RSBP Batam di Sekupang.

Dari pengecekan, hasilnya sebanyak 39 orang dinyatakan reaktif Covid-19. Mereka dirujuk ke RS Khusus Corona di Pulau Galang untuk diobservasi.

Sementara itu, sebanyak 54 orang menujukkan gejala non reaktif. Mereka diperbolehkan melanjutkan perjalanan ke Medan mengantar penumpang dan dianjurkan untuk dipantau di kota tersebut.

“Karena saat pemeriksaan ada 1 orang kru kapal yang terindikasi, maka kru kapal lainnya kami tracing,” kata Fachrani.

Hasil Pemeriksaan Penumpang Kelud

 

Untuk penumpang yang turun di Batam dari KM tersebut, Farchanny menyampaikan jika saat proses pemeriksaan tidak ada yang menunjukkan gejala.

Data para penumpang tersebut, telah dilaporkan ke gugus tugas untuk pemantauan lebih lanjut.

“Agar bisa melaksanakan karantina mandiri, makanya tadi kapal kami laporkan ke KSOP untuk tunda berangkat sampai pemeriksaan kami selesai,” kata Farchanny.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews