9 Kru KM Kelud Terindikasi Covid-19, Penumpang Batam-Medan Tertahan di Pelabuhan

9 Kru KM Kelud Terindikasi Covid-19, Penumpang Batam-Medan Tertahan di Pelabuhan

KM Kelud saat bersandar di Pelabuhan Batu Ampar. (Foto: Dok.Batamnews/Ilustrasi)

Batam - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam mencatat laporan adanya kru kapal KM Kelud dari Jakarta dengan keluhan demam dan mual, Minggu (12/4/2020). KM Kelud sendiri akan melanjutkan perjalanan dari Batam menuju Medan.

Hasil pemeriksaan rapid test terhadap 9 kru KM Kelud menujukkan gejala reaktif (positif) Covid-19. Namun hal ini perlu dipertegas dengan pemeriksaan PCR.

Kepala KKP Kelas I Batam, dr. Achmad Farchanny dalam laporannya menyebutkan Tim KKP Batam melakukan pemeriksaan sesuai protokol WHO dan pemeriksaan rapid test covid-19 didapatkan hasil reaktif terhadap kru yang mengalami demam tersebut.

"Pemeriksaan dikembangkan pada kru kapal yang lain. Hasil sementara pemeriksaan rapid test covid-19 pada kru kapal menunjukkan hasil reaktif/positif 9 orang kru," sebutnya

Pemeriksaan masih berlangsung

 

Hingga malam, pemeriksaan terhadap kru KM Kelud masih berlangsung. Petugas memastikan kondisi kesehatan para kru kapal penumpang berkapasitas sekitar 3000 penumpang itu.

"Memperhatikan hasil pemeriksaan ini kami menilai kondisinya membahayakan untuk kapal tetap berangkat ke Medan. Saat ini para calon penumpang masih tertahan di Pelabuhan Batu Ampar," ujar Fachrany.

KKP mengusulkan para calon penumpang difasilitasi oleh KRI TNI AL yang saat ini berada di Batam untuk menuju ke Medan

"Sekiranya memungkinkan difasilitasi TNI, atau keberangkatan kapal ditunda untuk dilakukan pergantian kru kapal terlebih dahulu," katanya.

(fox)