Kantor KPU Kepri Nyaris Dibakar Massa Pendukung Calon Gubernur. Rupanya Simulasi

Kantor KPU Kepri Nyaris Dibakar Massa Pendukung Calon Gubernur. Rupanya Simulasi

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang  - Ratusan massa dari pendukung salah satu calon gubernur dan wakil gubernur Kepri berunjuk rasa di kantor KPU Kepri. Mereka mengamuk dan nyaris membakar gedung penyelenggara pemilu tersebut.

"Bakar...bakar.., bakar aja gedung itu," teriak seorang penggunjuk rasa di depan gedung KPU. Massa mendesak KPU agar menunda pelaksanaan Pilgub Kepri karena mereka menilai lembaga tersebut belum siap menggelar pesta demokrasi itu.

Koordinator aksi meminta Pilgub ditunda hingga KPU benar-benar siap menggelar Pilkada serentak. Di tengah situasi yang memanas, beberapa pengunjuk ikut memprovokasi massa dengan melempari gedung KPU.

Upaya aksi anarkis yang coba dilakukan massa tersebut berhasil dihalau ratusan aparat kepolisian  dari Polres Tanjungpinang. Selain menerjunkan pasukan anti huru-hara, Polres juga memasang pagar kawat berduri untuk mencegah massa masuk ke gedung KPU.

Tidak hanya itu, sebuah mobil water canon juga disiagakan untuk memukul mundur massa yang ingin berbuat anarkis. Suasana di lokasi masih memanas. Meski beberapa perwakilan massa bertemu dengan aparat kepolisian dan staf KPU, negoisasi itu berjalan buntu.  

Massa yang sejak tadi emosi kembali berusaha masuk ke KPU. Aksi saling dorong pun terjadi. Bentrokan di lokasi juga tak bisa dihindari. Massa melempari gedung KPU dan merusak beberapa fasilitas yang ada di dalam.

Polisi akhirnya mengeluarkan tembakan peringatan. Mobil water canon pun dikerahkan untuk memukul mundur massa yang anarkis. Beberapa pengunjuk rasa diamankan pihak kepolisian dan meminta massa segera membubarkan diri.   

Kejadian tersebut merupakan simulasi atau latihan yang digelar Polresta Tanjungpinang dalam mengamankan pelaksaan Pilgub Kepri yang akan digelar 9 Desember mendatang. Simulasi ini digelar di Lapangan Mako Polres Tanjungpinang, Kamis (20/8/2015).

Kabag Ops Polres Tanjungpinang Kompol Jamaludin mengatakan, latihan ini merupakan kesiapan seluruh jajaran Polres Tanjungpinang menghadapi dan mengamankan Pilgub Kepri tahun 2015.

"Kita akan menyiapkan para personel kita untuk melakukan pengamanan selama pelaksanaan Pilgub Kepri tahun ini," ujarnya.

 

[hen]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews