Pilgub Kepri 2015

Jabatan Sani akan Berakhir, Mendagri Belum Tunjuk Pelaksana Tugas Gubernur Kepri

Jabatan Sani akan Berakhir, Mendagri Belum Tunjuk Pelaksana Tugas Gubernur Kepri

Gubernur Kepri HM Sani memberikan sambutan saat kunjungan Presiden Jokowi ke Batam beberapa waktu lalu

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang  - Menjelang berakhirnya masa jabatan Gubernur Kepri HM Sani dan Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo, Kemendagri belum juga menyiapkan nama penjabat sementara Gubernur Kepri.  

Sekadar diketahui, masa jabatan Sani dan Soerya memimpin Kepri tersisa 14 hari lagi, atau tepatnya tanggal 19 Agustus 2015 mendatang.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sejauh ini belum menunjuk siapa caretaker Gubernur Kepri. Sebelumnya sempat beredar beberapa nama carateker yang akan mengisi jabatan gubernur.

Beberapa pejabat di lingkungan Kementerian Dalam Negeri di antaranya Soni Sumarsono, pejabat eselon I di Direktorat Jenderal Otonomi Daerah. Selain itu, ada juga nama Suhajar Diantoro yang kini menjadi Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintahan.

Sementara di lingkungan Pemprov Kepri ada nama pejabat eselon I yakni Sekdaprov Kepri Robert Iwan Loriaux.
Informasi yang dihimpun, Suhajar Diantoro dan Iwan Loriaux  kemungkinan tak dipilih Mendagri untuk mengisi kekosongan jabatan gubernur Kepri.

Suhajar rencananya akan diplot Mendagri untuk menjadi penjabat Gubernur Jambi. Satu-satunya pejabat yang berpeluang ditunjuk Mendagri adalah Soni Sumarsono.

Gubernur Kepri Sani menyatakan, pihaknya juga belum mengetahui siapa pejabat yang akan ditunjuk Mendagri untuk menggantikan posisinya menjelang akhir masa jabatannya.

"Saat ini kami juga masih menunggu keputusan Mendagri siapa yang akan ditunjuk sebagi penjabat sementara Gubernur Kepri ini. Tentunya orang yang dipilih adalah orang terbaik untuk Kepri," kata Sani di gedung DPRD Provinsi Kepri Dompak, kepada sejumlah wartawan beberapa waktu lalu.

Selain jabatan gubernur Kepri, ada tiga kepala daerah di Kepri yang nantinya juga akan dijabat pelaksana tugas, di antaranya Bupati Bintan, Bupati Lingga, dan Bupati Anambas.

[asd]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews