Richard Pasaribu: WNI Pulang Lewat Kepri, Protokol Kesehatan Harus Jalan

Richard Pasaribu: WNI Pulang Lewat Kepri, Protokol Kesehatan Harus Jalan

Richard Pasaribu. (Foto: Batamnews)

Batam - Para WNI dari Malaysia berbondong kembali ke Indonesia menyusul kebijakan lockdown yang diterapkan negara itu. Banyak aktivitas perkantoran dan ekonomi berhenti mengantisipasi Covid-19. Kepri menjadi pintu masuk ribuan WNI yang mayoritas para TKI tersebut.

Anggota DPD RI Perwakilan Kepri, Richard Pasaribu meminta semua petugas terkait di Kepri menegakkan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya dalam situasi ini.

“Banyak dari mereka pulang ke Indonesia melalui Batam, Tanjungbalai Karimun dan Tanjungpinang. Untuk antispasi penyebaran Virus Corona,  saya meminta agar semua pihak terkait dapat menegakkan protokol kesehatan,” ujar Richard, Rabu (2/4/2020).

Richard  juga mengimbau warga di Kepulauan Riau ikut mematuhi protokol kesehatan Covid-19 seperti social distancing dan menjaga kebersihan.

Data yang direkap sejak tanggal 18 Maret hingga 1 April 2020, Pemprov Kepri mencatat 35.993 para TKI yang tiba dari negara jiran tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Isdianto menyampaikan bahwa dari jumlah tersebut masyarakat Kepri 43 persen, sedangkan 57 persen merupakan warga di luar Kepri.

“Itu saudara-saudara kita dari Medan, Padang, Riau, dan lain-lain,” ujar Isdianto di Graha Kepri, Batam usai video confrence bersama Menko PMK, Kepala Badan Penanggulangan dan Bencana Nasional (BNPB), Rabu (2/4/2020).

(ret)