https://www.batamnews.co.id

RSUD Natuna Minim Sarana Prasarana Tangani Covid-19

RSUD Natuna (Foto:ist/antara)

Natuna - DPRD Natuna bersama Dinas Kesehatan (Dinkes), RSUD dan Rumah Sakit Integritas TNI AU Raden Sadjad, menggelar hearing dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan evaluasi dalam percepatan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Natuna, Rabu (1/4/2020).

Rapat ini membahas kesiapan Dinkes dan RSUD Natuna dalam menghadapi serta menangani Covid-19. Sebagaimana diketahui saat ini di Natuna sudah ada beberapa Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan beberapa Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sedang menjalani perawatan intensif di RSUD Natuna.

Kepala Dinkes melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Mus Mulyadi menjelaskan, sampai saat ini untuk Natuna masih belum ada pasien yang ditetapkan positif Covid-19.

"Saat ini yang ada adalah 67 ODP dan 3 PDP,  dimana 1 PDP sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Sedangkan sisa 2 orang lagi saat ini sedang menjalani perawatan intensif di RSUD Natuna, meskipun sudah dinyatakan negatif  tapi kita tetap melakukan observasi selama 14 hari sesuai standart WHO," kata Mus Mulyadi.

Sementara itu pihak RSUD Natuna melalui Kepala Pelayanan Medik dr. imam Safari menjelaskan, sarana dan prasarana untuk penanganan Covid-19 masih jauh dari kata cukup. Meski demikian, pihak medis siap melayani ODP maupun PDP.

"Saat ini pihak RSUD Natuna memang belum bisa dikatakan memenuhi semua sarana dan prasarana guna penanganan Covid-19, termasuk seperti Alat Pelindung Diri (APD). Namun demikian, kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk penanganan Covid-19 ini," ujarnya.

Di kesempatan sama, DPRD Natuna melalui Komisi I yang membidangi kesehatan, sempat mempertanyakan kepada pihak RSUD Natuna terkait ruang rawat isolasi bagi PDP Covid-19, yang dinilai masih jauh dari standar dan kurang representatif. Sehingga pihak DPRD meminta untuk segera dilakukan perbaikan dan pembenahan terkait ruang isolasi tersebut.

Pihak RSUD pun menerima saran dan masukan DPRD dengan berjanji akan mengevaluasi dan melakukan pembenahan terkait ruang isolasi PDP yang ada di RSUD Natuna.

(Yan)