RS Corona di Pulau Galang Pakai Listrik Mandiri dan Tambah Tower BTS

RS Corona di Pulau Galang Pakai Listrik Mandiri dan Tambah Tower BTS

Presiden Jokowi mengecek kamar dan peralatan di RS Khusus Corona yang disiapkan pemerintah di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepri. (Foto: Setpres)

Batam - Untuk menunjang operasional Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, di Pulau Galang Kota Batam, sebuah tower Base Transceiver Station (BTS) ditambahkan untuk memperlancar akses komunikasi.

Penanggung Jawab Kelistrikan dan Alat Penunjang RSD Covid-19, Kapenrem 033/WP Mayor David Sativa mengungkapkan, pembangunan BTS tersebut dimulai hari ini.

"BTS ditambah, dan hari ini dibangun diantara ruang isolasi dan observasi dibantu oleh Telkomsel," kata David, saat dihubungi Kamis (2/4/2020).

Sebelumnya bekas lokasi penampungan pengungsi Vietnam yang kini jadi rumah sakit penanganan Covid-19 ini sudah memiliki satu BTS di dekat museum.

Namun kapasitas jangkauan BTS tersebut dinilai kurang sehingga harus membuat BTS tambahan di dekat area isolasi tersebut.

"Nantinya layanan BTS ini tidak hanya bisa dinikmati penghuni rumah sakit namun juga masyarakat sekitar di Pulau tersebut," ujar David.

Dengan adanya BTS baru ini, tidak hanya jaringan seluler saja yang semakin kencang, namun kedepannya, kabel telephone, jaringan WiFi, dan televisi juga akan masuk kedalam area itu.

Untuk mendukung kehandalan jaringan, listrik di area tersebut akan menggunakan generator yang dioperasikan secara mandiri.

"Sebelumnya kan menggunakan PLN jadi listriknya kurang stabil. Sekarang dengan generator besar. Harusnya bisa mencover listrik di situ dan lebih stabil sekarang," terang David.

(das)