27 Orang Berstatus ODP di Natuna, Ini Kata Dinkes

27 Orang Berstatus ODP di Natuna, Ini Kata Dinkes

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Uray Damahnita. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna - Dinas Kesehatan Kepri merilis jika ada 2 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan 27 orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Natuna. Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna saat ini tetap melakukan pengawasan di tengah masyarakat

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Uray Damahnita menegaskan hingga kini natuna masih 0 kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

"Untuk dua orang PDP, satu orang sudah dinyatakan negatif setelah dilakukan uji swab dan menjalani perawatan secara intensif. Saat ini sudah dipulangkan. Yang satu lagi masih diisolasi. Kabar baiknya dalam empat hari ini, pasien tersebut kondisinya semakin bagus," kata Uray, kepada batamnews, Kamis (26/3/2020).

Sementara itu terkait 27 ODP sampai saat ini tetap dilakukan pemantauan intensif dari puskesmas yang ada di daerahnya masing masing.

"Hingga kini terpantau aman. Jika didapati ada peningkatan status dikarenakan yang bersangkutan mengalami gejala gejala demam, batuk, pilek atau gejala gejala lain maka akan segera dilakukan perawatan secara intensif dan ditingkatkan statusnya menjadi PDP," ujar Uray.

"Setiap orang yang tiba di Natuna baik melalui udara atau laut ketika pertama tiba di Natuna kita periksa dan kita tanyakan histori perjalanannya apakah melewati atau singgah ke daerah yang dinyatakan zona merah terhadap Covid 19. Jika kita dapati, maka kita masukan dalam daftar ODP untuk dipantau 14 hari ke depan," ungkapnya.
 
Menurutnya masyarakat tidak perlu khawatir apalagi panik. "Tidak perlu berspekulasi yang macam macam, jangan terpengaruh isu ataupun pemberitaan yang belum jelas kebenarannya. Kita di Natuna sampai saat ini masih aman," ungkapnya.

Yang terpenting dikatakan Uray, masyarakat harus sadar bahwa melakukan sosial distancing dan menerapkan pola hidup bersih itu lebih efektif untuk mencegah penyebaran Covid 19 ini.

"Kita semua berharap di Natuna Jangan sampai ada yang positif Covid-19," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews