Corona Bikin Mal di Batam Sepi Kayak Kuburan

Corona Bikin Mal di Batam Sepi Kayak Kuburan

Salah satu sudut di Grand Mall Batam terlihat sangat sepi. (Foto: Dyah/Batamnews)

Batam - Sejak diumumkan adanya satu pasien positif Covid-19 di Batam, seluruh mal di Batam kian sepi.

Dari pantauan Batamnews, Selasa (24/3/2020), mulai dari Mega Mall, Grand Mall, hingga Nagoya Hill nyaris kosong pengunjung di jam-jam tertentu. Bahkan beberapa tenant-tenant kuliner dan fashion, ada yang kosong dari pembeli.

Hal ini membuat beberapa mal merubah jam buka. Seperti Nagoya Hill, Senin-Jumat buka mulai dari pukul 11.00 - 21.00 WIB. Sedangkan Sabtu-Minggu seperti biasa 10.00 - 22.00 WIB.

Perubahan jam buka juga terjadi di Mega Mall Batam Center dan Panbil Mall Mukakuning.

"Kalau kondisi mall luar biasa sepinya, masyarakat Batam sudah tidak ada lagi yang datang ke mall untuk sekedar belanja barang tertentu atau nongkrong. Kalaupun ada yang ke mal, kebanyakan mereka yang berbelanja kebutuhan," ungkap Anto.

Pemandangan ini tidak hanya terjadi saat hari kerja, namun juga saat akhir pekan. Bahkan berbagai event-event mingguan di mal mulai ditiadakan untuk sementara, kecuali.


Disemprot disinfektan sebelum belanja

Dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di pusat perbelanjaan, pihak manajemen mal di Batam mulai menerapkan prosedur pencegahan.

Di Nagoya Hill, mereka yang datang diberi disinfektan di pintu masuk. Dari pantauan Batamnews disinfeksi dengan menggunakan kipas yang diberi cairan disinfektan.

"Di pintu masuk kami selalu menyediakan semprotan dan hand sanitizer untuk pengunjung yang datang. Ini kami prioritaskan keberadaannya untuk kenyamanan pengunjung," kata Manajer Event Nagoya Hill, Ardiwanto, Senin (24/3/2020).

Selain itu, setiap 30 menit sekali, seluruh area mal yang sering tersentuh tangan akan selalu dibersihkan oleh pihak kebersihan.

"Seperti imbauan pemerintah. Pembersihan yang kita utamakan pintu masuk, gagang eskalator, lift setiap 30 menit sekali, paling lama 1 jam sekali. Ini salah satu upaya yang kami bisa lakukan," ujar Anto.

Selain proses penyemprotan dengan disinfektan, setiap pintu masuk mal juga diterapkan pemeriksaan suhu bagi pengunjung yang memasuki area utama.

"Kami juga membuat imbauan ke pengunjung mal yang datang setiap 1 jam sekali terkait gerakan hidup sehat dan menjaga kebersihan," ungkap Anto.

Tidak hanya Nagoya Hill, Mal di Batam lainnya seperti Mega Mall dan Grand Mall Batam juga menerapkan hal serupa.

Grand Mall bahkan juga melakukan gerakan bersih setiap 2 jam sekali.

"Area yang tersentuh tangan selalu kami bersihkan setiap 2 jam sekali, termasuk kursi pengunjung. Bahkan tadi malam di Grand Mall juga dilakukan penyemprotan disinfektan," kata Nasirudin, seorang Cleaning Service Grand Mall Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews