Dikira Obat Corona, Pria AS Meninggal Setelah Minum Pembersih Akuarium

Dikira Obat Corona, Pria AS Meninggal Setelah Minum Pembersih Akuarium

Arizona - Seorang pria di Amerika Serikat meninggal dunia dan istrinya dalam kondisi kritis setelah salah mengonsumsi obat yang mereka kira bisa digunakan untuk menyembuhkan diri dari infeksi virus Corona atau Covid-19.

Pasangan di Kota Arizona ini meminum obat bernama Hydroxychloroquine, yang ternyata merupakan pembersih akuarium ikan. Demikian dilansir Daily Mail, Selasa (24/3/2020).

Mereka mengira bahan itu merupakan obat ajaib untuk coronavirus yang dikemukakan oleh Presiden Donald Trump pada konferensi pers pekan lalu.

(Foto: Ebay)

Banner Health, sistem rumah sakit nirlaba (Organisasi non profit) yang berbasis di Arizona, mengeluarkan pernyataan yang mendesak masyarakat untuk mencegah penggunaan obat-obatan dan produk rumah tangga yang tidak pantas untuk menangkal atau mengobati COVID-19.

Untuk menekankan pentingnya peringatan itu, para pejabat mengungkapkan beberapa detail tentang apa yang terjadi dengan pasangan yang tidak disebutkan namanya yang mengabaikan saran tersebut dan mencoba mengobati diri mereka sendiri

Pasangan itu, keduanya berusia 60-an, dilarikan ke rumah sakit sekitar 30 menit setelah menelan klorokuin fosfat, menurut pernyataan tersebut.

Pakar Kesehatan Banner menekankan bahwa orang-orang tidak boleh mengonsumsi chloroquine dalam keadaan apa pun kecuali jika diresepkan oleh dokter.

Para ahli mencatat bahwa mayoritas orang yang didiagnosis dengan coronavirus baru akan sembuh tanpa komplikasi, dan bahwa 'penggunaan rutin perawatan khusus, termasuk obat yang digambarkan sebagai "anti-COVID-19", tidak direkomendasikan untuk pasien yang tidak dirawat di rumah sakit.

(dod/gea)